facebook

3 Tips Menjadi Kaya Raya di Usia Muda, Jangan Suka Menunda-nunda!

Riva Khodijah
3 Tips Menjadi Kaya Raya di Usia Muda, Jangan Suka Menunda-nunda!
Ilustrasi wanita sukses (freepik.com/senivpetro)

Sudah bukan zamannya lagi berpikir bahwa untuk mencapai kemapanan finansial harus menunggu rambut sampai beruban dulu. Sudah banyak contoh anak muda yang berhasil menjadi kaya raya bahkan di usia belum menginjak 30 tahun. Coba aja tengok daftarnya di Forbes 30 Under 30.

Nah, kamu pun bisa, lho, meraih kesuksesan di usia muda dan mencapai kemapanan finansial sejak dini. Bagaimana caranya? Berikut akan diulas lebih lanjut.

1. Jangan suka menunda-nunda

Hal pertama yang perlu kamu lakukan agar bisa kaya raya di usia muda, adalah hilangkan kebiasaan menunda-nunda. Salah satu pembeda antara orang yang gagal, dan yang sukses, adalah keberanian untuk memulai.

Maka dari itu, mulai saja dulu terlepas persiapannya sudah matang atau belum. Terlepas kamu ragu-ragu dan merasa takut. Terkadang kamu gak memerlukan kesiapan yang benar-benar matang, dan hanya perlu memulai.

Karena kalau menunggu siap, atau menunggu percaya diri, gak bakal dimulai-mulai. Berbagai rencana yang sudah disusun pun tinggal wacana saja.

2. Berpikir positif

Kenal dengan Jerome Polin? Beliau salah satu Youtuber yang membuat konten bisa dibilang edukatif meski isinya banyak lawakan. Tapi, kalau kamu perhatikan, baik lewati berbagai video maupun unggahan kesehariannya, kamu bisa lihat kalau Jerome punya attitude positif. 

Hal ini yang perlu ditiru generasi muda, agar bisa mendulang sukses layaknya Jerome dan anak-anak muda sukses lainnya. Dengan berpikir positif, sekalipun kamu punya masalah segunung, tapi gak membuatmu kehilangan harapan. Terdapat sikap optimis yang membuatmu terus melangkah kendati harus tertatih-tatih, dan itulah yang akan bikin hidupmu maju.

3. Disiplin

Sukses bisa dibilang mustahil diraih tanpa kedisiplinan. Seorang penyanyi sukses harus berlatih vokal agar suaranya bisa berkualitas. Seorang dancer harus berlatih menari hampir tiap hari agar gerakannya bisa luwes dan membuat orang tertarik melihatnya. Jadi, di bidang apa pun butuh kedisiplinan kalau kamu ingin terdepan.

Maka itu, kalau kamu ingin kaya raya di usia muda, maka mulai sekarang mesti belajar self-discipline, ya.

Itu dia beberapa hal yang diperlukan jika ingin mapan di usia muda. Mana saja poin yang sudah kamu praktikkan?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak