facebook

Agar AC Mobil Tetap Dingin, Berikut Ini 8 Tips Merawatnya

Fatson Tahya
Agar AC Mobil Tetap Dingin, Berikut Ini 8 Tips Merawatnya
Ilustrasi AC Mobil (freepik/azerbaijan_stockers)

Fasiltas atau fitur penting yang dimiliki pada mobil adalah Air Conditioner atau yang biasa disingkat dengan AC. Fitur ini menjadi andalan bagi pengemudi dalam hal kenyamanan berkendara. Maka dari itu AC harus dirawat dengan seksama agar selalu dalam kondisi optimal.

Berikut 8 tips perawatan AC mobil agar tetap dingin.

1. Jaga kebersihan karpet

Jaga kebersihan karpet atau lantai mobil, kebersihan lantai mobil membuat udara di dalam kabin mobil juga ikut bersih, dengan demikian maka filter AC tidak bekerja terlalu keras untuk menyaring debu serta kotoran, dan ini juga bermanfaat agar filter AC tidak cepat kotor.

2. Bersihkan condensor AC

Saat mencuci mobil, buka kap mesin lalu semprotkan air pada bagian condensor AC yang memiliki bentuk mirip radiator dan letak dari condensor AC ini biasanya terletak didepan radiator.

Condensor AC yang tidak dibersihkan atau jarang dibersihkan akan membuat kotoran dan debu yang menempel akan mengeras, dan ini bisa mengakibatkan korosi atau keropos sehingga dapat mengakibatkan kebocoran pada bagian kondensor.

3. Parkir mobil di tempat yang teduh

Parkir mobil di tempat yang teduh khususnya jika memarkir mobil dalam jangka waktu yang lama, karena jika mobil di parkir di tempat yang panas biasanya saat pengemudi masuk ke dalam mobil ruang di dalam mobil terasa panas hal ini mengakibatkan proses pendinginan oleh AC akan berlangsung lama, selain itu beban pendinginan saat mobil berjalan akan tinggi.

4. Saat perjalanan jauh, matikan AC beberapa saat

Ketika menempuh perjalanan jauh, matikan AC beberapa saat, lalu setelah itu hidupkan kembali.

Cara atau tips ini bertujuan untuk mengistirahatkan AC, agar AC tidak terus-menerus mendinginkan ruang mobil atau kabin mobil, hal ini juga berguna untuk menghindari pembekuan pada saluran AC.

5. Jangan merokok di dalam mobil

Asap rokok bisa membuat evaporator, rokok juga mempunyai nikotin yang lengket dan berlendir hal ini akan mengakibatkan bau yang tidak sedap serta sulit hilang.

6. Teliti saat mematikan dan menghidupkan AC

Saat akan menghidupkan mobil pastikan AC dalam keadaan mati, hal ini juga berlaku sebaliknya yaitu matikan AC terlebih dahulu sebelum mematikan mobil.

7. Hidupkan extrafan kipas di depan condensor

Hidupkan extrafan kipas pada posisi di depan condensor saat AC dalam kondisi hidup, karena jika extrafan mati saat posisi AC dalam keadaan hidup dapat beresiko merusak kompresor bahkan bisa menyebabkan selang kompresor meledak.

8. Lakukan perawatan AC secara rutin

Lakukan perawatan AC secara rutin untuk memeriksa kondisi komponen AC, mulai dari compresor, condensor, receiver dyer, evaporator, serta freon.

Demikian 8 tips agar AC mobil tetap dingin, semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak