facebook

Bahan Alami untuk Hilangkan Bau Tak Sedap di Dapur

Chrisna Chanis Cara
Bahan Alami untuk Hilangkan Bau Tak Sedap di Dapur
Ilustrasi Rempah. (Pexels/Alleksana)

Dapur adalah salah satu bagian rumah yang memantik bau tidak sedap. Hal itu lantaran dapur menjadi tempat untuk memasak dan mengolah sejumlah bahan makanan yang kadang berbau menyengat. Terkadang, bau tak sedap di dapur bisa bertahan selama berhari-hari dan mengganggu penghuninya.

Anda memang dapat menghilangkan bau tak sedap dengan pewangi ruangan. Namun ternyata ada alternatif yang lebih ramah lingkungan yakni menggunakan sejumlah bahan alami.

Berikut ulasan hilangkan bau tak sedap di dapur seperti dilansir Foodal.com:

1. Lemon

Lemon punya aroma segar yang bisa menghilangkan bau tak sedap. Potong satu buah lemon menjadi dua atau empat bagian untuk menghilangkan bau amis ikan di dapur. Caranya, lapisi loyang dengan aluminium foil. Lalu letakkan potongan lemon pada bagian atasnya.

Panggang lemon dalam oven bersuhu 121 derajat Celsius selama satu hingga dua jam. Setelah itu matikan oven dan biarkan lemon tetap di atas loyang. Buka pintu oven dan biarkan aromanya keluar ke seluruh dapur hingga lemon benar-benar mendingin.

2. Rempah-Rempah

Rempah-rempah ternyata punya segudang khasiat. Selain menjadi bumbu penyedap makanan, rempah-rempah bisa membuat dapur wangi kembali. Anda tinggal merebus rempah-rempah dan jeruk ke dalam panci besar berisi air.

Tambahkan seperempat cangkir cengkih utuh, empat buah pala utuh, enam batang kayu manis, dua buah kulit lemon, dan satu jeruk. Kemudian didihkan semua bahan-bahan dengan api kecil selama satu jam hingga aroma tercium di seluruh dapur.

3. Tanaman Herbal

Cara mengolah tanaman herbal menjadi pewangi ruangan tak jauh beda dengan rempah dan jeruk. Anda hanya perlu memasukkan potongan buah yang disukai dan beberapa herbal ke dalam panci berisi air. Kemudian, didihkan air. Kecilkan api dan didihkan selama satu hingga dua jam agar aromanya menyebar ke semua dapur.  

Tanaman herbal yang dapat digunakan adalah yang memiliki batang kayu seperti rosemari, lavender, timi, dan daun salam. Sementara untuk buah, Anda dapat memaki potongan apel, buah-buahan dalam keluarga jeruk, serta cranberry.

Itu dia sejumlah bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan bau tak sedap di dapur. Selain ramah lingkungan, penggunaan bahan alami dapat menghemat kocek Anda. Yuk kita praktikkan di rumah!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak