facebook

5 Cara Mengatasi Rasa Benci kepada Orang Tua, Jadilah Orang yang Lebih Dewasa

Winda L.
5 Cara Mengatasi Rasa Benci kepada Orang Tua, Jadilah Orang yang Lebih Dewasa
Ilustrasi orang tua dan anak (Freepik.com)

Memiliki hubungan dengan orang tua bagi sebagian anak, tidak jarang akan terasa rumit. Tidak sedikit, anak-anak memiliki orang tua yang menurut mereka mungkin 'jahat' kepada mereka, dan di situlah masalahnya.

Terlebih lagi, jika kebencian itu cukup rumit dan biasanya ditujukan kepada orang tuanya karena memiliki perasaan berbeda terhadap apa yang anaknya rasakan. Dengan kata lain, para anak-anak yang memiliki masalah dengan orang tuanya ini, akan jauh lebih mudah untuk menerima orang baru dengan tanpa harus bergantung kepada mereka.

Jadi, jika orang tuamu selalu berperilaku kasar dan memperlakukanmu dengan buruk, kemungkinan besar kamu akan sering berselisih dalam pandangan dengan mereka. Akibatnya, mungkin para anak akan lebih mudah untuk memutuskan semua kontak untuk menghindari konflik yang memungkinkan terjadi. Berikut adalah beberapa penyebab rasa benci kepada orang tua.

1. Keinginan untuk bebas

Kamu mungkin hanya menginginkan atau mencari lebih banyak kebebasan. Namun, hal ini membuta orang tuamu tidak suka karena rasa khawatirnya yang berlebihan kepadamu. Akibatnya, hubunganmu dengan orang tuamu menjadi merenggang.

2. Fase pemberontakan

Banyak remaja yang mengalami masa pemberontakan dan orang tua tidak pernah mengerti cara terbaik untuk menanganinya. Hal tersebut memang nampak rumit dan juga merepotkan karena dapat memperkuat bah bisa merusak hubungan anak dengan orang tua, dan menimbulkan kebencian sang anak. 

3. Paparan media

Saat ini banyak tontonan yang dapat diakses dengan mudah oleh anak, mulai dari YouTube, televisi, tiktok, dan sebaiknya. Tidak jarang pada tontonan tersebut menampilkan potret keluarga yang berbeda dengan yang dialami sang anak, sehingga menimbulkan harapan yang tidak realistis dan kebencian mendalam.

4. Perbedaan moral dan/atau gaya hidup

Perbedaan zaman membuat nilai moral bahkan gaya hidup orang tua dan anak berbeda. Tak jarang pula, hal ini yang kemudian menimbulkan ketidaksamaan dalam memahami sesuatu.

Selain itu, hal tersebut juga bisa berakibat pada hubungan yang buruk karena tidak pernah memiliki pandangan yang sama dalam menghadapi sesuatu.

Lalu, bagaimana cara mengatasi rasa kebencian tersebut? Berikut adalah 5 cara untuk mengatasi rasa benci kepada orang tua.

1. Pindah dari rumah

Jika kamu masih tinggal bersama orang tua, inilah saatnya untuk pindah (jika sudah berusia 18 tahun, tentu saja). Meskipun hal ini lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, penting untuk keluar dari situasi hidup yang tidak sehat.

Bicaralah dengan seorang teman tentang mencari untuk mencari apartemen atau kos bersama. Kamu juga bisa mempertimbangkan untuk mencari tempat sendiri. Hidup sendiri mungkin memberimu ruang dan kebebasan yang kamu cari.

2. Batasi interaksi dengan orang tua

Sebelum pindah dan setelah pindah, kurangi berinteraksi dengan orang tua terlebih dahulu, kecuali terpaksa. Jika kamu masih tinggal bersama mereka, kamu harus merespons ketika mereka berbicara langsung untuk menjaga kedamaian.

Akan tetapi sebaliknya, saat kamu tidak lagi tinggal bersama orang tua, akan lebih mudah untuk meminimalkan interaksi ini.

3. Jadilah orang yang lebih dewasa 

Jika orang tuamu memulai percakapan atau pertengkaran sehingga membuat tidak nyaman, jangan sampai kamu membalasnya.

Jadilah orang yang lebih dewasa dengan menjaga interaksimu dengan mereka. Berfokuslah untuk mendapatkan ruangmu sendiri.

4. Mencari dukungan atau dengan terapis

Rasa benci, rasa marah, terkadang membuat hatimu akan sesak dan sulit untuk mengungkapkan. Maka dari itu, carilah dukungan dari teman atau orang yang kamu cintai bahkan terapis untuk membantumu keluar dari masalah tersebut dan tidak terlalu berlarut-larut.

5. Jika sudah tenang, mulai perbaiki hubunganmu

Setelah kondisimu tenang, dan kamu cukup memiliki ruangmu sendiri berfokus pada diri, maka saatnya kamu perlahan-lahan mulai membuka dirimu. Jangan berhenti untuk terlebih dahulu jika bantuan terapis memang  belum cukup untukmu.

Tidak usah tergesa-gesa, tetapi perlahan saja. Bicarakan semuanya dari hati ke hati, jangan sampai emosi menyulutmu dan orang tuamu kembali.

Itulah 5 cara untuk mengatasi rasa benci kepada orang tua. Semoga bermanfaat untuk kamu semua! Selamat mencoba.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak