facebook

Atasi Kulit Wajah Kering dengan 5 Tips Berikut ini

Zakiy Marenda
Atasi Kulit Wajah Kering dengan 5 Tips Berikut ini
ilustrasi seorang wanita sedang menggunakan masker wajah (Pexels.com)

Mempunyai masalah dengan kulit wajah kering kerapkali membuat kamu menjadi stres dan fustasi. Apabila dibiarkan saja secara terus-terusan, maka kulit muka yang kering dapat mengelupas dan juga menjadi pecah-pecah, bahkan bisa membuat wajah kamu menjadi nampak lebih kusam. Untung saja terdapat beragam cara atau tips dalam mengatasi permaalah kulit wajah kering yang bisa kamu coba.

Merangkum dari Halodoc, SehatQ, Alodokter, Doktersehat dan Gooddoctor, berikut ini beberapa tips mengatasi kulit wajah kering:

1.  Gunakan sabun muka khusus pembersih wajah

Hal paling dasar dalam perawatan kulit yang perlu kamu kerjakan yaitu dengan membersihkannya sebanyak dua kali dalam sehari.

Tetapi, kamu tidak boleh menggunakan sabun mandi saat mencuci wajah, hal tersebut sabun mandi kurang cocok untuk diaplikasikan pada kulit wajah karena pH yang terkandung di dalamnya.

Oleh karena itu, kamu harus memastikan bahwa membersihkan kulit wajah menggunakan sabun pembersih yang memang dikhususkan untuk kulit kering.

2.  Gunakan sunscreen

Klit muka dapat menjadi kering apabila terlalu sering terpapar oleh sinar matahari. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu memakai tabir surya atau sunscreen sebagai upaya dalam mengatasi masalah wajah kering.

Gunakan sunscreen atau tabir surya dengan SPF minimal 30. Kamu dapat mengoleskannya pada permukaan wajah sekitar 15-20 menit sebelum keluar rumah.

3.  Pilih pelembap yang mengandung minyak alami

Ada baiknya jika kamu menggunakan pelembab yang mengandung minyak alami di dalamnya guna mengatasi permasalahn kulit kering yang kamu alami, seperti pelembap dengan kandungan minyak zaitun atau jojoba.

Selain itu ada juga bahan lainnya yang isa membantu kulit keringmu seperti hyaluronic, lactic acid, minyak mineral, lanolin, petrolatum dan gliserin.

4.  Gunakan masker wajah

Kamu juga bisa menggunakan masker wajah untuk mengatasi kulit kering dan kusam, gunakan masker wajah paling sedikit 1-3 kali dalam seminggu.

Sebaiknya kamu memeilih masker wajah yang di dalamnya terdapat kandungan seperti hyaluronic acid, antioksidan, dan juga campuran ekstrak bahan-bahan alami guna membuat kulit wajah menjadi lebih lembap dan juga glowing dengan sempurna.

5.  Gunakan petroleum jelly

Petroleum jelly terkenal bisa mengunci kelembapan pada kulit. Penggunaan petroleum ini sangat disarankan bagi kamu yang memiliki masalah kulit kering. Petroleum jelly berperan sebagai humektan yang mengunci kelempaban dalam kulit.

Nah, itulah tadi beberapa tips mengatasi kulit kering pada wajah. Namun, kamu juga harus memastikan tubuh mendapatkan asupan cairan yang cukup supaya kelembapan pada kulit tetap tejaga, selain melakukan perawat-perawatan yang telah disebutkan diatas, semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak