facebook

4 Alasan Wanita Suka Shopping, Diyakini Bisa Menghilangkan Penat

Latifah ..
4 Alasan Wanita Suka Shopping, Diyakini Bisa Menghilangkan Penat
Ilustrasi belanja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Shopping atau berbelanja biasanya identik sekali dengan kaum hawa. Mulai dari belanja makanan, pakaian, pernak-pernik lucu, sampai serba-serbi peralatan rumah tangga yang sebenarnya bila dipikir-pikir gak penting-penting banget.

Di antara kamu mungkin penasaran kenapa, sih, wanita itu suka belanja? Berikut ini akan dikemukakan beberapa alasan wanita suka shopping.

1. Penghilang stres

Beban kerja, permasalahan hubungan cinta, argumentasi dengan orangtua, tugas domestik yang seperti tak pernah ada jeda, adalah beberapa sumber stres yang kerap dialami seorang wanita. Dan belanja merupakan cara penghilang stres yang kerap dilakukan.

Sah-sah saja sebenarnya untuk menjadikan belanja sebagai penghilang stres. Dengan catatan hindari sampai belanja berlebihan yang di luar batas anggaran, ya. Hal itu malah bikin kamu tambah stres jadinya.

2. Tergoda diskon

Alasan lain kenapa seorang wanita suka belanja, adalah godaan diskon. Melihat diskon besar, merasa rugi kalau gak langsung dibeli saat itu juga. Khawatir nantinya barang yang diinginkan tersebut sudah laku terjual dan gak ada lagi kesempatan sama.

Perilaku seperti ini disebut dengan FOMO (Fear Of Missing Out), dan bisa sangat berbahaya bagi kesehatan finansial karena mendorongmu bertindak impulsif. Itulah kenapa penting sekali membuat anggaran sebelum gajian. Jadinya ada rem yang bisa menghalangimu membeli barang hanya disebabkan keinginan semata.

3. Ikut-ikutan

Dengan kehadiran para influencer di media sosial yang umumnya mempromosikan berbagai barang konsumtif membuat banyak wanita yang tergoda untuk membelinya. Apalagi jika ada barang tersebut dipakai selebgram ternama dan harganya mahal. Ada kebanggaan tersendiri karena sudah membeli.

Hati-hati, lho, perilaku seperti ini rentan mengalami depresi. Kebahagiaan jadi diletakkan pada barang miliki ataupun pengakuan dari sekitar. Hal tersebut bukanlah kebahagiaan sejati, lho.

4. Tuntutan pekerjaan

Apakah ada di antara temanmu yang kalau ke kantor cara berpakaiannya benar-benar stylish, tapi giliran di rumah atau jalan santai penampilannya cuek bukan main? Nah, bisa jadi perilakunya yang sering berbelanja pakaian bukan disebabkan ia menyukainya, melainkan tuntutan pekerjaan yang menghendaki karyawannya untuk mengutamakan penampilan.

Itulah beberapa alasan wanita suka shopping. Dari beberapa alasan tadi, kamu suka berbelanja disebabkan poin ke berapa?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak