facebook

Terapkan 4 Study Habits Ini agar Hasil Belajarmu Maksimal

Rizky Melinda Sari
Terapkan 4 Study Habits Ini agar Hasil Belajarmu Maksimal
Ilustrasi belajar (pexels)

Agar hasil belajar kita bisa maksimal dan mampu bertahan lama di ingatan, kita perlu menerapkan beberapa study habits. Sama seperti membangun kebiasaan baru yang positif, study habits juga perlu latihan dan usaha yang keras untuk memulainya.

Belajar tanpa strategi hanya akan membuat kita lelah sendiri karena apa yang kita pelajari akan dengan mudah terlupakan begitu saja. Kira-kira, apa saja study habits yang harus kita terapkan agar hasil belajar kita maksimal?

1. Jadikan belajar sebagai prioritas

Jika saat ini statusmu adalah sebagai seorang pelajar, maka sudah seharusnya prioritas utamamu adalah belajar. Kita harus bisa menempatkan belajar pada urutan pertama.

Bukan berarti kita terus-menerus belajar setiap waktu hingga lupa istirahat. Buatlah jadwal belajar yang tepat, diimbangi dengan istirahat dan refreshing yang proporsional.

2. Buatlah mind mapping dari materi

Mind mapping dapat membuat kita lebih mudah mengingat materi pembelajaran karena pada saat membuat mind mapping, kita akan berpikir kembali sekaligus menulis ide pokok materi yang sedang kita pelajari.

Kita juga akan menggunakan bahasa kita sendiri ketika membuat mind mapping, sehingga materi tersebut dapat lebih dipahami dan melekat kuat di ingatan kita.

3. Time management yang baik

Setiap manusia memiliki jatah waktu yang sama dalam sehari, yaitu 24 jam. Namun, mengapa ada orang yang sukses dan ada orang yang gagal padahal mereka memiliki durasi waktu yang sama setiap harinya?

Hal ini berhubungan dengan kemampuan mereka dalam mengelola waktu yang mereka miliki. Agar hasil belajarmu bisa maksimal, kamu harus bisa menentukan ritme belajar yang sesuai dengan kebutuhanmu, serta kamu harus pandai memanajemen waktu.

4. Planning dan practice adalah kunci

Ketika kamu sudah pandai memanajemen waktu, kamu tinggal membuat planning atau rencana belajar harian, mulai dari preview materi, review materi, hingga latihan soal. Dengan demikian, kamu akan terbiasa untuk menjadikan belajar sebagai habits sehari-hari.

Kunci utama dari keempat study habits yang telah disebutkan adalah practice atau berlatih. Kita harus bisa disiplin untuk menerapkan apa yang telah kita buat dan rencanakan.

Itulah mepar study habits yang bisa kamu terapkan dan kamu bangun mulai dari sekarang. Jika kamu konsisten dan bisa menjaga semangat, kamu akan merasakan sendiri manfaatnya. Semangat dan selamat belajar!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak