facebook

Inilah 10 Alasan Liburan Backpacker Patut Dicoba!

Fatson Tahya
Inilah 10 Alasan Liburan Backpacker Patut Dicoba!
Ilustrasi Liburan Backpacker (Pexels/Daniel Xavier)

Backpacker mempunyai arti perjalanan atau liburan ke suatu tempat tanpa membawa barang-barang yang, memberatkan, seperti koper misalnya, sehingga hal ini dapat mempermudah perjalanan dari satu destinasi ke destinasi yang lain.

Menikmati liburan ala backpacker patut dicoba, inilah 10 alasannya:

1. Menghemat budget liburan

Alasan ini adalah alasan yang sering ditemui kenapa memilih liburan dengan cara backpacker. Jika dibandingkan liburan dengan menggunakan jasa travel tour, maka liburan dengan cara backpacker akan jauh lebih murah dan terjangkau dalam hal biaya.

Mungkin dengan menggunakan jasa travel tour hanya akan dapat menyinggahi satu atau dua destinasi wisata tetapi dengan cara liburan backpacker maka akan bisa singgah di destinasi yang lebih banyak dengan biaya yang sama.

2. Lebih mudah mengatur waktu

Liburan dengan cara backpacker maka akan didapatkan kemudahan dalam mengatur waktu, hal ini akan berbeda jika menggunakan jasa travel tour.

Liburan dengan cara backpacker akan lebih mudah dalam mengelola waktu kunjungan ke suatu destinasi wisata, karena liburan dengan cara backpacker wisatawan sendiri yang mengelola waktu kunjungannya, maka dari itu liburan ala backpacker mempunyai flekibilitas waktu sehingga akan mudah mengatur waktu dalam menikmati liburan.

3. Meningkatkan jiwa petualang

Dengan liburan ala backpacker, wisatawan yang berkunjung ke suatu destinasi khususnya destinasi yang baru dikunjungi bisa meningkatkan jiwa petualang yang ada di dalam diri. Wisatawan bebas kemana saja, berapa lama waktu untuk tinggal di wilayah tersebut, dan sebagainya.

Wisatawan bisa lebih banyak waktu untuk menjelajahi atau berpetualang di suatu tempat sesuai dengan yang wisatawan inginkan.

4. Melatih kemandirian

Liburan backpacker itu dapat melatih kemandirian, hal ini tentu saja bermanfaat positif untuk diri wisatawan. Dengan cara backpacker ini tentunya wisatawan akan menyiapkan segala sesuatunya dengan cara yang mandiri, beradaptasi dengan segala kondisi yang dihadapi, mencari berbagai macam solusi untuk menikmati liburan, tentu saja ini bermanfaat sangat baik untuk diri wisatawan.

5. Mengenal budaya baru

Liburan dengan cara backpacker juga dapat mengenal kota atau negara yang dikunjungi untuk berwisata dengan cara yang berbeda dan sisi yang berbeda, sehingga liburan dengan cara backpacker ini dapat mengeksplor banyak tempat atau destinasi, dapat bersosialisasi dengan masyarakat setempat, maka dari itu dengan cara ini maka wisatawan akan dapat mengenal budaya yang baru.

6. Lebih banyak pilihan tempat wisata

Backpacker membuat liburan mempunyai banyak pilihan tempat wisata yang akan dikunjungi, jadi tidak sekedar terbatas dalam catatan rencana perjalanan.

7. Mudah berpindah lokasi

Backpacker juga memiliki kelebihan dalam berpindah posisi, jadi wisatawan akan lebih mudah dalam mobilitas mengunjungi destinasi-destinasi wisata yang akan dikunjungi.

8. Menemukan banyak teman baru

Alasan wisatawan memilih liburan backpacker adalah dapat menemukan banyak teman baru, mungkin teman yang mempunyai hobi yang sama.

Tentunya dengan cara liburan ala backpacker akan banyak orang yang bisa diajak diskusi untuk bertukar ilmu, pengetahuan, serta pengalaman. Jadi liburan juga dapat membuat jaringan pertemanan dan sosialisasi yang lebih luas.

9. Belajar improvisasi

Kadang-kadang liburan backpacker juga menghadapi kendala diluar dugaan atau situasi yang diluar dugaan, hal ini membutuhkan improvisasi yang baik. Maka dari itu liburan backpacker dapat melatih cara improvisasi wisatawan.

10. Pengalaman tidak terlupakan

Backpacker menjadikan liburan yang memiliki kesan yang berbeda, sehingga hal ini akan menimbulkan suatu kenangan serta pengalaman yang tidak terlupakan.

Itulah 10 alasan kenapa liburan backpacker patut dicoba, jadi sudah siap apa belum untuk pergi liburan dengan cara backpacker?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak