facebook

4 Tips Tingkatkan Percaya Diri dalam Pergaulan, Latih Berpikiran Positif!

Latifah ..
4 Tips Tingkatkan Percaya Diri dalam Pergaulan, Latih Berpikiran Positif!
Ilustrasi pertemanan (pexels/@fauxels)

Orang yang minder biasanya mengalami kesulitan dalam bergaul. Pertama, kamu jadi gak pede untuk memulai pembicaraan duluan dan berteman dengan orang baru, dan hal ini bisa disalahartikan. Dibilangnya kamu sombong, padahal kamu gak pede.

Kedua, orang yang miliki kepercayaan diri yang rendah akan rentan terjerumus dalam pergaulan toksik. Rasa haus untuk ditemani membuat teman-temanmu yang tidak baik jadi memanfaatkanmu saja. Nah, agar kamu bisa lebih percaya diri dalam pergaulan, berikut empat tips tingkatkan percaya diri. Mari disimak!

1. Latih berpikiran positif

Di antara penyebab perasaan rendah diri, adalah karena kamu terbiasa berpikiran negatif. Entah disebabkan oleh dirimu sendiri yang kerap langsung menyimpulkan hal buruk, atau bisa juga disebabkan seringnya mendapat komentar negatif dari orang-orang sekitarmu.

Agak kepercayaan dirimu jadi terdongkrak kembali, cobalah mulai sekarang sering-sering berpikiran positif. Memang sulit, karena namanya kebiasaan buruk yang sudah bertahun-tahun dilakukan tentu membutuhkan waktu tidak sebentar supaya bisa menggantinya dengan kebiasaan baik, yakni berpikir positif.

2. Lepaskan pertemanan yang tidak baik

Hal selanjutnya yang mesti dilakukan bila kamu ingin lebih percaya diri, adalah lepaskan diri dari pertemanan yang tidak baik. Misalnya, teman yang sering mengkritik, meremehkan, atau sering menjadikanmu bahan olok-olok. Perilaku negatif itulah yang tanpa sadar bikin kamu jadi minder.

3. Mendekat dengan pertemanan yang suportif

Gak perlu khawatir dikucilkan dari pertemanan toksik. Justru hal tersebut akan berdampak baik bagi kondisi mentalmu. Percayalah di luar sana masih banyak teman yang baik dan suportif.

Kalau sudah ketemu, dekati mereka. Jadikan mereka teman dekat. Teman yang suportif memiliki loyalitas tinggi. Alih-alih menghancurkan harga dirimu, justru mereka akan berusaha membuatmu percaya diri lagi.

4. Rajin-rajin belajar

Salah satu hal yang bikin orang merasa rendah diri, adalah merasa diri kurang pintar atau ahli dibanding orang-orang sekitarnya. Untuk mengatasinya, rajin-rajinlah belajar.

Kalau yang lain bisa ahli hanya dengan mempelajarinya sekali, tapi kamu gak bisa begitu, jangan putus asa. Pelajari terus sampai kamu bisa. Lama-lama juga kamu akan ahli, dan gak merasa minder lagi.

Itu dia empat tips meningkatkan kepercayaan diri dalam pergaulan. Semoga bisa membantu, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak