facebook

5 Alasan Pria Mendadak Jadi Pendiam, Mengalami Masalah Berat!

Latifah ..
5 Alasan Pria Mendadak Jadi Pendiam, Mengalami Masalah Berat!
Ilustrasi pria termenung.[pexels.com/Thirdman]

Setiap orang diciptakan dengan karakter berbeda-beda. Ada yang cerewet, ada pula yang pendiam. Ada yang supel, ada pula yang pemalu. Pokoknya macam-macam!

Nah, berikut ini akan diulas beberapa alasan kenapa seorang pria bisa mendadak jadi pendiam. Apa saja hal yang melatarinya? Mari simak ulasannya bersama-sama!

1. Sedang alami masalah berat

Setiap orang punya tipe coping mechanism yang berbeda-beda ketika alami masalah. Ada yang bisa santai-santai saja seperti tak ada apa-apa, tapi ketika di kamar sendirian langsung menangis tak henti-hentinya. Ada yang melampiaskan lewat makan banyak.

Ada pula yang lewat perubahan sikap, yaitu tadinya ceria atau banyak bicara kini jadi pendiam. Jadi, kalau ada teman pria atau pasanganmu yang tiba-tiba jadi pendiam, bisa jadi dia sedang mengalami masalah yang berat, lho.

2. Mengalami depresi

Stres yang terus terjadi dalam jangka waktu yang lama bisa menyebabkan depresi. Depresi bisa menyebabkan perilaku seseorang jadi berubah. Misalnya, yang dulu kalem, sekarang jadi pemarah. Yang dulu talkative, sekarang jadi irit kata.

Kalau melihat temanmu seperti ini, coba dekat dia, ya. Rangkul dia agar tak merasa sendirian. Coba tanyakan apakah ada masalah, dan beritahukan kalau sewaktu-waktu butuh teman bicara bisa menghubungimu. Mendapat perhatian dari teman atau orang-orang sekitar bisa membantu orang yang depresi untuk merasa lebih baik, lho.

3. Sedang alami kejenuhan

Ada pula pria yang mendadak jadi pendiam akibat sedang alami kejenuhan. Bisa jenuh terhadap hubungan cintanya, jenuh terhadap pekerjaannya, atau jenuh dengan kehidupannya sendiri karena merasa tak ada perkembangan.

4. Merasa rendah diri

Perasaan rendah diri juga dapat jadi pemicu perubahan perilaku seseorang. Sebagai contoh, dia yang dulunya selalu dinobatkan jadi karyawan teladan, tiba-tiba jadi merasa gak pede lagi ketika peringkat itu diperoleh rekan kerja yang lain.

5. Sedang lelah mental

Perubahan perilaku seseorang biasanya tak terjadi begitu saja. Pasti ada pemicunya. Salah satunya, kelelahan mental yang dialami.

Ini bisa disebabkan banyak hal. Hubungan asmara yang tidak pernah lepas dari drama, atasan yang terlalu menuntut, atau hal lain.

Ketika mendapati pasangan ataupun ada teman priamu yang mendadak jadi pendiam, sebaiknya ditemani, ya. Meski begitu, jangan memaksanya untuk bicara. Biarkan dia nyaman dulu. Ketika sudah merasa tenang, nantinya pun dia akan berterus terang pada dirimu, kok.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak