facebook

5 Perilaku Suami yang Sayang Keluarga, Cek Apakah Kamu Termasuk?

Latifah ..
5 Perilaku Suami yang Sayang Keluarga, Cek Apakah Kamu Termasuk?
Ilustrasi anak bersama ayahnya.[pexels.com/Andrea Piacquadio]

Menjadi impian semua wanita ingin memiliki suami yang sayang keluarga. Enggak hanya sayang dirinya, tapi juga anak-anak mereka kelak. Lalu, apakah kamu termasuk pria yang menjadi jawaban dari harapan wanita tersebut? Untuk mengetahuinya, coba cek beberapa perilaku suami yang sayang keluarga berikut ini. Lihat, apakah kamu termasuk atau enggak?

1. Memberi nafkah yang cukup

Ciri pertama dari suami yang sayang keluarga, adalah berusaha memenuhi kebutuhan keluarganya dengan layak. Salah satunya dengan memberi nafkah materi yang cukup.

Itu sebabnya, lelaki yang sayang keluarga biasanya seorang pekerja keras. Ia tak mau sampai istri dan anak-anaknya harus hidup kekurangan atau senantiasa dihantui persoalan finansial.

2. Tetap memberi perhatian pada keluarga meski sibuk

Ciri lain dari suami yang sayang keluarga, yaitu tetap memberi perhatian pada anak dan istrinya meskipun sibuk. Ia tak membiarkan tugas kerja yang menumpuk menjadi alasan untuk mengabaikan anak dan istri di rumah.

Enggak jarang seorang suami yang benar-benar sadar pentingnya perhatian pada keluarga rela resign bila dirasa tempat kerjanya tidak support dengan keinginannya menjadi family man. Tiap akhir pekan, selalu dipanggil untuk urusan kerja.

Malam-malam sering banget harus lembur. Kondisi kerja demikian gak hanya berdampak negatif bagi diri sendiri, tapi juga bisa menurunkan kualitas hubungan pernikahan, serta menghalangi kedekatan antara anak dan ayahnya.

3. Tidak mudah marah

Perilaku lain yang menjadi ciri dari suami yang sayang keluarga, adalah tidak mudah marah. Ia pandai mengendalikan emosi, sehingga istri dan anak-anaknya selalu nyaman berada di dekatnya.

4. Pendengar yang baik bagi istri dan anak-anak

Enggak hanya bisa menjadi pendengar yang baik bagi istrinya. Suami sayang keluarga juga jadi pendengar yang baik bagi anak-anaknya. Baginya, apa pun yang disampaikan oleh anak adalah penting. Dan perilaku ini juga bisa jadi teladan bagi si kecil agar selalu menghormati orang yang bicara.

5. Mampu bersikap tegas

Walaupun ia sayang anak dan istrinya, bukan berarti mendiamkan saja ketika mereka berbuat salah. Suami yang sayang justru akan berusaha meluruskan yang keliru. Yaitu, dengan menegur mereka tapi lewat cara yang baik, sehingga hati mereka tak terluka.

Gimana, dari uraian tadi apakah kamu termasuk suami yang sayang keluarga? Semoga.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak