facebook

5 Ciri-ciri Orang yang Sombong di Media Sosial, Kamu Termasuk?

Mutami Matul Istiqomah
5 Ciri-ciri Orang yang Sombong di Media Sosial, Kamu Termasuk?
ilustrasi perempuan dan handphone.[Freepik.com/tirachardz]

Sombong merupakan salah satu sikap yang tidak baik namun juga sulit untuk disadari oleh orang yang melakukannya. Kesombongan itu tidak hanya terjadi pada dunia nyata, namun seringkali juga terjadi dalam media sosial. Lantas, apa saja ciri-ciri orang sombong di media sosial?

1. Memposting segala hal yang didapatkan 

Mengapresiasi diri sendiri itu penting. Tapi menyombongkan diri itu tidak baik. Memposting segala hal yang didapatkan adalah termasuk salah satu sikap sombong yang ditunjukkan di media sosial. Punya ini dan itu, sebaiknya tidak perlu menjadi konsumsi publik, bukan?

2. Melebih-lebihkan yang dilakukan 

Menunjukkan segala sesuatu secara berlebihan merupakan salah satu ciri dari sikap sombong. Misalnya saja memposting jam baru selama berkali-kali dalam sehari, disertai caption yang menunjukkan harga dan cara mendapatkannya. Bukannya menginspirasi, hal tersebut malah sering membuat orang lain merasa ilfeel.

3. Tidak membalas DM

DM atau direct message adalah pesan yang dikirimkan melalui media sosial. Orang yang ramah biasanya akan membalas siapapun yang mengiriminya DM. Namun ketika kamu menjadi orang yang enggan membalas DM dari orang lain, apalagi jika orang tersebut adalah teman atau rekan di masa lalu, itu tandanya kamu adalah orang yang sombong. Meskipun kamu sudah sukses dan sudah di atas, bukan berarti kamu melupakan orang-orang yang pernah berjuang bersama denganmu, bukan?

4. Tidak membalas komentar

Sama halnya dengan DM, komentar juga bisa dilakukan oleh siapa saja. Jika kamu enggan membalas komentar dari teman lama dan hanya mementingkan rekan bisnismu kini saja, itu artinya kamu sudah termasuk orang yang sombong. Meskipun tidak sempat, sebisa mungkin kamu harus berusaha untuk menyapa orang-orang yang masih mengingatmu. Bahkan kamu harus berterima kasih karena mereka masih peduli denganmu meskipun sudah lama tidak bertemu. 

5. Selalu merasa tersaingi

Orang yang sombong selalu merasa tersaingi dengan orang lain yang berperilaku atau mendapatkan keberuntungan yang sama. Dia akan selalu menganggap bahwa yang di-posting orang lain adalah sebuah persaingan. Dan dia akan selalu menunjukkan bahwa kemampuan atau hal yang dimilikinya jauh lebih besar dan berarti dibanding milik orang lain.

Itu dia 5 ciri-ciri orang sombong di media sosial. Kamu termasuk?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak