facebook

Jangan Sepelekan, Ini 4 Tips untuk Meningkatkan Kualitas Tidur

oce blue
Jangan Sepelekan, Ini 4 Tips untuk Meningkatkan Kualitas Tidur
Ilustrasi tidur (Pexels.com/Ivan Oboleninov)

Salah satu bentuk istirahat yang kita butuhkan adalah tidur. Istirahat yang paling bermanfaat dan bisa membuat tubuh kembali bersemangat setelah lelah yang datang. Kamu perlu menerapkan 4 tips di bawah ini agar tubuhmu kembali terisi dengan energi yang baru. 

1. Perhatikan makanan dan minuman

Sebelum tidur, kita juga harus memperhatikan makanan yang kita konsumsi. Sebisa mungkin jangan makan makanan berat yang tentunya kurang baik untuk dikonsumsi sebelum tidur. Makanlah makanan ringan yang sehat.

Jangan minum kopi minimal 6 jam sebelum tidur agar tidurmu nyenyak. Kita semua mengetahui bahwa kopi justru akan membuat diri kita terjaga. Jadi, jika kamu memang sedang butuh istirahat, hindari kopi dan minuman beralkohol. 

2. Jangan tidur siang terlalu lama

Tidur siang memang bermanfaat. Tapi tidur malam juga jauh lebih bermanfaat. Tidur siang akan membuat tingkat produktivitas kita meningkat jika tidur siang dilakukan kurang dari 30 menit.

Jika tidur siang kita terlalu lama, kita akan kesulitan tidur di malam hari dan alhasil kita akan begadang dan istirahat malam menjadi kurang berkualitas. 

3. Olahraga

Olahraga juga bisa membantu untuk meningkatkan kualitas tidurmu.  Pilihlah waktu pagi atau sore hari untuk berolahraga. Olahraga bisa mengurangi tingkat insomnia yang kamu miliki.

Jadi, jangan malas untuk berolahraga meski sekedar olahraga ringan. Saat kita olahraga, kita pasti merasa lelah dan membuat pikiran lebih tenang. Dengan hal ini, pada malam hari kamu akan lebih mudah untuk tidur.  

4. Miliki kebiasaan

Buatlah ritme tidur yang sesuai untuk dirimu sendiri. Usahakan memiliki waktu yang sama untuk bangun dan tidur. Suatu kebiasaan pastinya akan menimbulkan respon terhadap tubuh kita. Jadi, milikilah ritme tidur yang baik, cukup untuk kamu istirahat dan tidak terlalu pendek ataupun terlalu lama. 

Jangan menyepelekan waktu tidurmu. Kamu pastinya pernah mengalami bagaimana rasanya jika kita kekurangan waktu untuk tidur. Sayangi dirimu dengan memperhatikan waktu istirahatmu dan buatlah hal itu berkualitas agar kamu dapat beristirahat dengan baik.

Jika kualitas tidurmu baik, pada keesokan harinya kamu juga akan bersemangat untuk melakukan hal-hal produktif

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak