facebook

5 Tips Tingkatkan Kualitas Diri, Temukan Potensi Terbaikmu!

Dope Life
5 Tips Tingkatkan Kualitas Diri, Temukan Potensi Terbaikmu!
ilustrasi meningkatkan kualitas diri (geralt/pixabay.com)

Mungkin kamu seringkali mengalami hal-hal yang sungguh tidak menyenangkan dalam hidup ini, katakanlah dimarahi, diremehkan, dan dicaci-maki karena tak dapat melakukan suatu hal dengan benar yang berakibat hinggapnya anggapan-anggapan negatif yang dapat menjatuhkan harga diri tanpa sadar dan memunculkan rasa ketidakberdayaan. Waspadai, memelihara anggapan negatif ini lambat-laun justru menjadi masalah serius terhadap kesehatan mentalmu, lho! Seperti dilansir dari NHS.uk mental health, merendahkan diri sendiri nyatanya tak baik, bisa menimbulkan masalah jangka panjang terhadap kesehatan mental yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Penting bagimu untuk memiliki kualitas diri yang bagus untuk menangkal sikap-sikap di atas dengan cara menerapkan tips di bawah ini supaya pola pikirmu dapat segera berubah. Mau tahu apa sajakah itu? Yuk, baca selengkapnya!

1. Temukan potensi terbaikmu

ilustrasi potensi diri (schäferle/pixabay.com)
ilustrasi potensi diri (schäferle/pixabay.com)

Saat sibuk scrolling di sosial media, tanpa sengaja kamu menyaksikan pencapaian yang telah diraih seseorang yang membuatmu mulai membanding-bandingkan diri dengan orang lain sehingga kamu lupa sebetulnya tuhan telah memberkati hamba-hambanya dengan bakat dan kelebihan unik masing-masing. Jadi, jangan pernah merasa tertinggal karena belum menemukannya, hidup ini bukan soal berpacu dengan orang lain melainkan menjadi versi terbaik bagi dirimu sendiri. 

Temukan hal yang menjadi kelebihanmu dalam berkarya dan berguna bagi orang lain dengan menekuni hal yang disukai dan jangan ikut-ikutan orang lain, justru hal ini membuatmu sulit menemukan potensi diri. Jadilah unik dan berbeda.

2. Bangunlah hubungan yang positif

ilustrasi hubungan positif (takmeomeo/pixabay.com)
ilustrasi hubungan positif (takmeomeo/pixabay.com)

Jika kamu mendapati seseorang yang apabila saat berada di dekatnya selalu menyerap energi positif darimu baik itu secara mental dan emosional, misal tipikal ini tak suka melihat kemajuan seseorang dan selalu punya cara buat kamu down, kamu sebaiknya mulai mengurangi waktu berinteraksi dengannya. 

Sebaliknya, kamu dapat meningkatkan kualitas diri dengan memperbanyak waktu dengan sirkel yang berkualitas pula yaitu orang-orang yang dapat memberikan kontribusi positif terhadap pencapaian-pencapaianmu.

3. Berhenti jadi people pleaser

ilustrasi people pleaser (geralt/pixabay.com)
ilustrasi people pleaser (geralt/pixabay.com)

Orang-orang yang suka merendahkan diri cenderung memiliki sifat people pleaser yaitu ingin menyenangkan hati semua orang walaupun sebetulnya berat hati memenuhinya. Sepintas menjadi seorang people pleaser kedengarannya tidak ada salahnya justru baik karena mau berkorban buat orang lain. Tapi, yang perlu kamu ingat dalam hidup ini adalah tiap interaksi pasti ada timbal-baliknya, jangan mau dibodohi dan seenaknya dimanfaatkan orang lain bisa berdampak buruk bagi kesehatan mental. 

Kamu dapat melakukan pencegahan dengan bicara tegas terhadap dirimu sendiri, anti bilang maaf kalau bukan kesalahanmu, dan utamakan kebahagian dirimu dengan berkata "tidak" pada hal yang akan berpotensi merugikan. Kamu bisa lakukan leveling up dengan cara belajar skill baru setiap hari.

4. Tantang dirimu

ilustrasi tantang diri kamu (jarmoluk/pixabay.com)
ilustrasi tantang diri kamu (jarmoluk/pixabay.com)

Apakah kamu berani keluar dari zona nyaman dan menghadapi segala perubahan dalam hidup? Kalau iya, kamu berarti sudah selangkah lebih maju dalam meningkatkan kualitas diri. 

Orang-orang dengan sikap tak cepat puas biasanya menyadari bahwa manusia memang diciptakan memiliki kemampuan luar biasa. Jadi, jangan pernah membatasi diri dengan hal-hal, ide, dan terobosan baru, hanya karena sudah nyaman dengan apa yang dimiliki sekarang.

5. Berdamai dengan diri sendiri

ilustrasi percaya diri (geralt/pixabay.com)
ilustrasi percaya diri (geralt/pixabay.com)

Terkadang ketika dirasa ingin mencapai sesuatu yang besar, biasanya seseorang akan memasang target terlalu tinggi dan kurang realitis sehingga saat ekspektasi tersebut tak berjalan seperti yang diinginkan. Walhasil, tandas membuatmu larut dalam kekecewaan, menganggap diri "kecil", dan tidak ada apa-apanya apabila dibandingkan orang lain. 

Dilansir dari psychological today, untuk mencegahnya kamu hanya perlu memberikan kepercayaan terhadap diri sendiri dan menyayangi segala keunikanmu. Be yourself!

Itulah tadi 5 kiat-kiat yang dapat kamu terapkan guna meningkatkan kualitas diri dengan baik, sudahkah mencintai diri sendiri sekarang?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak