facebook

Kenali 4 Bentuk Self Validation agar Kamu Bisa Lebih Menerima Diri Sendiri

Rizky Melinda Sari
Kenali 4 Bentuk Self Validation agar Kamu Bisa Lebih Menerima Diri Sendiri
Ilustrasi perasaan (pexels)

Self validation merupakan suatu kondisi ketika kamu menerima pikiran, perasaan, dan pengalaman pribadi yang telah kamu alami selama ini. Melakukan validasi terhadap pikiran dan perasaan dapat membuat kita merasa lebih tenang dan mampu mengelola emosi dengan efektif.

Self validation penting dilakukan agar kita bisa menerima dan memahami diri kita sendiri. Lantas, apa saja yang termasuk bentuk-bentuk self validation? Berdasarkan tulisan Martin, S (2009) berikut ini adalah beberapa bentuk self validation yang bisa kamu terapkan pada dirimu sendiri.

1. Mempercayai kemampuan diri

Bentuk self validation pertama adalah kamu mampu mempercayai kemampuan yang ada pada dirimu sendirim Kamu sadar bahwa setiap orang pasti memiliki keistimewaan dan kelebihan yang unik, termasuk dirimu sendiri.

Kesadaran akan kemampuan diri juga dapat membuat kamu lebih siap dalam menghadapi berbagai masalah yang menghampiri, karena kamu tahu bahwa kamu mampu melewatinya.

2. Memprioritaskan kebutuhan pribadi

Bentuk kedua dari self validation adalah memprioritaskan kebutuhan pribadi. Bukan berarti kamu menjadi sosok yang egois, tetapi kebanyakan orang saat ini lebih memilih mengorbankan perasaan dan kebutuhan mereka demi menyenangkan orang lain.

Kamu tidak perlu berbuat seperti itu. Sebelum berusaha menyenangkan orang lain, kamu juga harus menyenangkan dirimu sendiri terlebih dulu. Siapa yang bisa peduli pada dirimu jika dirimu sendiri tidak peduli lebih dulu.

3. Mengatakan hal-hal baik pada diri sendiri

Self talk biasanya dilakukan oleh diri kita untuk mencurahkan perasaan dan jujur kepada diri sendiri. Namun, kita juga harus bisa melakukan self talk yang positif, bukannya justru menurunkan semangat kita.

Mengatakan hal-hal baik kepada diri sendiri juga termasuk salah satu bentuk self validation. Kita akan mendapat energi positif dari dalam diri sendiri.

4. Menerima keterbatasan dan kekurangan diri

Bentuk self validation terakhir adalah menerima kekurangan yang ada pada diri kita sendiri. Kita harus bisa menerima bahwa tidak mungkin membuat semua orang suka dengan kehadiran kita, tidak mungkin semua hal bisa kita kerjakan dan selesaikan.

Setiap manusia memiliki kapasitasnya masing-masing. Jadi, tidak perlu menuntut diri untuk selalu tampil sempurna, jadilah dirimu sendiri yang membuatmu nyaman. 

Itulah empat bentuk self validation yang bisa kamu terapkan mulai sekarang. Self validation bukan berarti membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Namun, lebih kepada penerimaan diri.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak