facebook

4 Tahap Self Validation yang Perlu Kamu Pahami, Terapkan untuk Dirimu Sendiri

Rizky Melinda Sari
4 Tahap Self Validation yang Perlu Kamu Pahami, Terapkan untuk Dirimu Sendiri
Ilustrasi menerima diri sendiri (pexels)

Agar kita bisa menerima diri kita sendiri dengan lebih baik, kita perlu menerapkan yang namanya self validation atau memvalidasi diri sendiri. Self validation akan membantu kita untuk lebih memahami apa yang sedang kita rasakan, lalu berusaha untuk menerima perasaan tersebut dengan tepat.

Ada beberapa tahap yang bisa dilakukan untuk menerapkan self validation. Berdasarkan tulisan Mukherjee, C. (2020), berikut ini adalah beberapa tahapan yang bisa kamu jadikan acuan untuk menerapkan self validation, yuk disimak hingga akhir!

1. Perhatikan perasaan yang kamu rasakan

Langkah atau tahap pertama adalah memperhatikan perasaan yang sedang kamu rasakan saat ini. Apakah kamu senang marah, kecewa, sedih, atau justru senang. 

Kemudian, tanyakan pada diri sendiri apa yang sedang kamu butuhkan sekarang terkait dengan perasaan yang kamu rasakan, misalnya, kamu sedang sedih dan membutuhkan waktu untuk menyendiri.

2. Terima perasaanmu

Kita harus bisa menerima perasaan yang sedang dirasakan, sekalipun itu perasaan tidak menyenangkan seperti sedih, marah, kecewa, dan lain sebagainya.

Kita harus sadar bahwa semua perasaan itu muncul pasti membawa pesan atau pelajaran tertentu untuk diri kita sendiri. Jangan berusaha mengelak atau mengatakan bahwa kita tidak merasakannya. Akui dan terima saja apa adanya.

3. Sadari perasaanmu sendiri

Ketika kita sedang marah, kecewa, atau iri, tidak apa-apa untuk merasa demikian. Manusia dilahirkan dengan berbagai macam emosi yang dititipkan padanya. Namun, satu hal yang diingat, tidak berarti emosi yang kita rasakan tersebut mendefinisikan diri kita seutuhnya.

Saat kita sedang marah karena suatu hal, bukan berarti kita adalah pribadi yang mudah marah-marah dan tidak pernah tersenyum, ketika kita menangis bukan berarti kita pribadi yang cengeng. 

4. Jangan berhenti berproses

Menerapkan self validation mungkin tidak semudah teori yang dijabarkan. Perlu latihan dan usaha yang keras agar kita bisa menerima perasaan kita sendiri.

Namun, kita harus ingat bahwa segala sesuatunya memang perlu proses, termasuk menerima diri sendiri. Terus lakukan yang terbaik, dan jangan berhenti belajar. 

Itulah empat tahap dalam self validation yang bisa kamu terapkan untuk lebih menerima perasaan dan dirimu sendiri. Setiap orang berhak untuk bahagia dan merasakan berbagai macam emosi lainnya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak