facebook

5 Cara Ampuh untuk Jadi Karyawan Lebih Baik, Disukai Perusahaan!

Riva Khodijah
5 Cara Ampuh untuk Jadi Karyawan Lebih Baik, Disukai Perusahaan!
Ilustrasi wanita karier (pexels.com/Gustavo Fring)

Buat kamu yang baru saja lulus dan hendak bekerja, atau malah sudah mendapatkan pekerjaan pertama, mungkin merasa gugup. Kira-kira bakal bisa jadi karyawan yang baik gak, ya. Nah, supaya gak gugup atau khawatir lagi, berikut ini akan diulas beberapa cara ampuh untuk jadi karyawan lebih baik. Seperti apa? Mari simak penjelasannya lebih lanjut!

1. Tanamkan kebiasaan datang tepat waktu

Gak ada perusahaan mana pun yang suka dengan karyawan telat. Jadi, hal ini boleh dibilang paling dasar kalau kamu ingin menjadi karyawan yang dipandang baik oleh perusahaan.

Kendati ada rekan kerja lain yang terbiasa telat, jangan ikut-ikutan. Buat dirimu bangga dengan melakukan hal yang benar, bukan malah ikut-ikutan perbuatan salah.

2. Hormati seluruh karyawan di sana

Dalam menghormati orang lain, jangan pilih-pilih. Baik itu atasan, atau karyawan dengan posisi paling bawah, pastikan selalu respek dengan mereka. Bersikap ramah dan sopan jangan pernah ditinggal. Jika itu konsisten kamu lakukan, orang pun akan senang dan menghormatimu balik. Lingkungan kerja jadi nyaman!

3. Produktif

Gunakanlah waktu yang tersedia dengan baik. Kalau saatnya kerja, ya, kerja. Kalau saatnya santai, baru terserah kamu ingin dimanfaatkan untuk apa. Untuk saling berkirim pesan dengan pasangan, melihat media sosial, atau aktivitas lainnya. Tapi, giliran kerja kembali, fokus pada tugas-tugas.

4. Bersosialisasi

Kalaupun kamu tipe pendiam atau pemalu, jangan benar-benar menutup diri. Cobalah bersosialisasi dengan rekan kerja yang lain. Kalau ada acara-acara kantor, dan kamu bisa menghadirinya, cobalah untuk mengikuti. Hal itu akan mendekatkan hubungan antara rekan kerja, dan bisa bikin suasana kerja jadi lebih menyenangkan.

5. Pisahkan antara urusan kerja dengan pribadi

Di dalam dunia kerja perusahaan membutuhkan karyawan yang profesional, dan salah satu kriterianya bisa memisahkan urusan kerja dengan pribadi. Sebagai contoh, kalau di rumah lagi bertengkar dengan pasangan, jangan marah-marahnya di kantor. Sikap demikian sangat tidak profesional dan bikin suasana kerja jadi gak enak, lho.

Itulah lima cara ampuh untuk jadi karyawan lebih baik. Tips-tips tadi boleh juga, lho, kamu terapkan bagi karyawan yang sudah lama. Bila sebelumnya kerja masih ala kadarnya, semoga cara-cara tadi membuatmu jadi pekerja yang lebih baik, dan pastinya disukai perusahaan. Selamat mencoba!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak