facebook

4 Tips Membuat Mental Fit Kembali Setelah Kelelahan Psikis, Patut Dicoba!

Riva Khodijah
4 Tips Membuat Mental Fit Kembali Setelah Kelelahan Psikis, Patut Dicoba!
Ilustrasi wanita bertopi (Pexels.com/Andre Furtado)

Kelelahan psikis bisa terjadi akibat berbagai hal. Beban kerja berlebih, hubungan interpersonal yang berantakan, hingga selalu diliputi kecemasan akibat masalah finansial.

Kelelahan psikis ini bisa berdampak buruk bagi kehidupan sehari-hari, lho. Di antaranya kamu jadi gak semangat menjalani hari, dan itu memicu penurunan produktivitas.

Nah, agar kamu bisa fit kembali setelah alami kelelahan psikis, berikut akan diurai beberapa tips yang dapat dicoba. Mari disimak!

1. Istirahat yang cukup

Tekanan pekerjaan yang tinggi dan membuatmu mesti lembur terus-menerus bisa membuatmu kelelahan mental, lho. Untuk itu, cobalah bicarakan ke atasan agar tugas yang ada bisa didistribusikan lagi atau delegasikan, sehingga gak harus selalu dikerjakan oleh kamu yang menuntut harus lembur terus-menerus.

Kalau ternyata perusahaan gak menanggapi, maka artinya mereka bukan tempat kerja yang memperhatikan kesejahteraan karyawan. Segera cari lowongan kerja agar bisa pindah ke tempat kerja yang memungkinkan kamu mendapat istirahat yang cukup. Ingat, istirahat memadai gak hanya penting mencegah kelelahan psikis, tapi juga memastikan badanmu tetap fit.

2. Melepaskan peristiwa menyakitkan yang sudah terjadi

Perasaan dendam ataupun penyesalan dari peristiwa masa lalu yang tak mengenakkan juga bisa bikin mentalmu lelah. Untuk itu, cobalah ikhlaskan, agar kamu gak terus terjebak masa lalu yang gak ada gunanya sama sekali.

3. Saring lingkaran terdekatmu

Memiliki keluarga, pasangan, ataupun teman yang toksik juga bisa jadi penyebab kamu lelah psikis. Oleh karena itu, sebaiknya saring kembali lingkaran pertemananmu. Yang toksik-toksik mending buang jauh atau jaga jarak dari mereka.

4. Sibukkan diri dengan hobi

Apakah kamu termasuk yang selalu menghabiskan akhir pekan dengan tidur? Mulai sekarang, sebaiknya kebiasaan tersebut diubah, deh. Kurang gerak juga dapat memperparah kondisi mental, lho.

Cobalah sibukkan diri dengan hobi untuk mengisi waktu luang atau ketika akhir pekan. Dengan demikian, kamu tetap aktif tapi lewat kegiatan yang menyenangkan.

Kelelahan psikis gak bisa dianggap remeh, karena memengaruhi kualitas kehidupan seseorang. Semoga dengan tips tadi bisa membuat kondisi mentalmu kembali fit, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak