facebook

3 Tips Mengenali Orang yang Dengki, Salah Satunya Ingin Menjatuhkanmu

Latifah ..
3 Tips Mengenali Orang yang Dengki, Salah Satunya Ingin Menjatuhkanmu
Ilustrasi dengki (pexels.com/Khoa Võ)

Sifat iri hati dan dengki sangat berkaitan. Orang yang iri belum tentu dengki, tapi orang dengki sudah pasti iri. Dengki, yaitu senang melihat orang lain susah, dan susah melihat orang lain awal mulanya disebabkan iri hati. Melihat kehidupan orang lain lebih sukses, ia pun gak rela.

Sebab merasa gak percaya diri untuk bisa meraih sukses yang sama, akhirnya timbul dengki. Prinsipnya, kalau dia gak bisa bahagia atau sukses, maka orang lain pun gak boleh. Orang yang dengki ini bisa sangat berbahaya, karena akan berusaha menjatuhkanmu. Untuk itu, sebaiknya ikuti tips mengenali orang yang dengki supaya kamu gak jadi korbannya. 

1. Sering nyinyir

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, orang yang dengki gak senang banget melihatmu bahagia. Itu sebabnya, dia akan berusaha sekeras mungkin merusak kesenanganmu. Salah satunya dengan bersikap nyinyir.

Sebagai contoh, ketika kamu berhasil naik jabatan, dia berkata, “Memang enak, ya, kalau punya orang dalam. Jadi kesayangan bos terus”. Padahal, jelas-jelas promosi yang kamu dapatkan hasil dari kerja keras dan diperoleh setelah berkali-kali menangani proyek besar dengan sukses.

2. Suka mengorek-ngorek kehidupan pribadi orang lain

Ciri lain dari orang dengki, adalah kepo atau keingintahuannya sangat besar terhadap persoalan pribadi orang lain. Ini dilakukan bukan karena dia peduli dan perhatian. Melainkan berusaha mencari aib yang bisa dijadikan senjata menjatuhkan seseorang yang gak dia sukai.

Maka dari itu, coba perhatikan apakah orang-orang di sekitarmu yang selalu ingin tahu permasalahan orang lain. Kalau ada, hati-hati!

3. Saat berada di atas jemawa

Orang dengki melihat orang lain yang lebih sukses sebagai rivalnya. Itu sebabnya, ketika ia berada di atas atau memperoleh kemenangan, puasnya bukan main, karena merasa sudah menjatuhkan kompetitornya.

Saking puasnya, ia sampai jemawa dan sombong. Kalau ada teman seperti ini di sekitarmu, sekarang jadi tahu, ya, untuk tidak menjadikannya teman dekat. Bisa bahaya!

Itu tadi tiga contoh dari ciri khas orang dengki. Semoga dengan uraian tadi kamu gak tertipu muslihatnya yang berusaha menjatuhkanmu, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak