facebook

4 Pertimbangan dalam Mencari Pasangan Hidup

Mutami Matul Istiqomah
4 Pertimbangan dalam Mencari Pasangan Hidup
Ilustrasi berkenalan (freepik.com/wayhomestudio)

Memilih pasangan dengan tujuan untuk serius menjadi pendamping hidup, seharusnya bisa menjadi pertimbangan yang matang. Bukan berarti kamu tidak boleh menerima seseorang dengan apa adanya, namun tentunya memilih seseorang untuk menemani sisa hidup kita, tidak boleh sembarangan, bukan? Nah, beberapa hal di bawah ini merupakan beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan dalam memilih pasangan.

1. Prinsip dalam mencari

Hal pertama kamu harus memiliki prinsip dalam mencari pasangan hidup. Bahwa kamu ingin memiliki seorang pendamping hidup yang seperti apa? Seperti apa orang yang kamu butuhkan? Hal itu menjadi pertimbangan yang utama, keinginan dan kebutuhanmu. Karena tentunya, kamu sendiri yang akan menjalaninya. Jadi kamu harus paham, bagaimana seseorang yang membuat kamu merasa bahagia dan cukup sekadar hidup bersamanya saja.

Setelah itu, kamu juga harus mempertimbangkan bagaimana orang tuamu berekspektasi terhadap calon menantunya. Hal tersebut dilakukan agar baik pasanganmu maupun orang tuamu memiliki keselarasan, hal itu akan membuat hubungan rumah tangga yang akan kamu jalin nantinya berjalan dengan lebih baik.

2. Kriteria primer

Setelah itu, kamu juga harus memiliki kriteria pasangan yang kamu idam-idamkan. Bukankah setiap orang memiliki pandangan yang berbeda dalam menilai manusia lain? Lantas, bagaimana pasangan hidup yang ideal dalam versi dirimu sendiri?

Misalnya, kamu ingin pasangan hidup yang punya visi misi yang sama, pekerja keras, bertanggung jawab, dan lain sebagainya. Nah, hal itulah yang harus kamu jadikan pedoman dalam mempertimbangkan pasangan hidup.

3. Latar belakang keluarga

Latar belakang keluarga disini bukan tentang suku atau kasta yang dimiliki, namun bagaimana karakter seseorang terbentuk. Bukankah latar belakang keluarga sangat berpengaruh kepada bagaimana karakter seseorang terbentuk. Latar keluarga yang baik akan menumbuhkan seseorang yang baik. Pun sebaliknya.

4. Kebaikan

Tidak ada manusia yang sempurna. Tapi setiap manusia pasti punya sisi kebaikan sendiri-sendiri. Manusia yang berperilaku buruk sekalipun, pasti memiliki sisi yang baik. 

Memiliki pasangan yang berhati baik akan membuat kehidupanmu terasa tentram dan nyaman. Ketika kamu jatuh cinta dengan seseorang, maka perhatikan di titik mana kamu merasakan kebaikannya.

Itu dia 4 pertimbangan dalam mencari pasangan hidup. Semoga bermanfaat, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak