facebook

5 Cara Hadapi Teman Satu Kelompok yang Pemalas dan Sok Sibuk, Bisa Dicoba!

Rania Erin Oktiara
5 Cara Hadapi Teman Satu Kelompok yang Pemalas dan Sok Sibuk, Bisa Dicoba!
Ilustrasi orang berdiskusi dan belajar bersama (Pixabay.com/StockSnap)

Tugas kuliah bervariasi ada yang harus dikerjakan secara individu dan ada pula yang dikerjakan secara berkelompok. Kalau tugas individu, maka secara keseluruhan menjadi tanggung jawab individu, begitu pula tugas kelompok yang menjadi tanggung jawab kelompok tersebut.

Saat mengerjakan tugas kelompok rupanya tidak semudah yang dibayangkan. Terlebih apabila anggota satu kelompok itu dipilih oleh dosen atau guru, maka kamu akan mengenali karakteristik masing-masing temanmu yang sebelumnya tidak kamu tahu. Ada yang rajin, pemalas, sok sibuk, dan lain sebagainya. 

Oleh karena itu, kita perlu mengantisipasi mendapat anggota kelompok yang sifatnya tidak kita inginkan dengan 5 cara berikut untuk menghadapinya. Simak selengkapnya!

1. Atur pembagian tugas dan deadline

Saat kelompok sudah terbentuk biasanya setiap orang akan menghampiri kelompoknya masing-masing untuk diskusi pembagian tugas yang nantinya akan dikerjakan oleh masing-masing anggota kelompok dengan deadline yang telah ditentukan. 

2. Hindari basa basi dan harus tegas

Hindari basa basi dan banyak bercanda saat berdiskusi. Setiap anggota kelompok harus menyepakati konsekuensi apabila belum mengerjakan pembagian tugas saat jatuh tempo.

Di momen ini, kamu harus tegas dengan menetapkan konsekuensi yang telah disepakati bersama misalnya tidak menulis namanya di lembar tugas.

3. Ajak mereka kumpul bersama untuk berdiskusi

Biasanya masing-masing anggota kelompok masih bisa diajak kumpul bersama setelah jam pulang. Waktu ini bisa kamu manfaatkan dengan mengajak mereka kumpul bersama untuk mendiskusikan tugas.

4. Beri teguran tidak mencantumkan namanya di lembar tugas

Apabila ada anggota kelompok yang pemalas dan selalu mencari alasan untuk tidak mengerjakan tugas, maka kamu bisa saja tidak mencantumkan namanya ke dalam lembar penugasan atau materi presentasi.

5. Beri teguran untuk melaporkannya ke guru atau dosen

Apabila kamu orang yang mudah iba, kamu bisa tetap menuliskan namanya di lembar penugasan dan mengajaknya presentasi bersama.

Namun, dengan jelas kamu menjelaskan ke dosen atau guru kendala yang kamu hadapi saat itu. Biasanya ia juga akan tetap menerima konsekuensi dengan nilai yang lebih rendah daripada teman sekelompoknya.

Nah, itu dia 5 cara untuk menghadapi teman satu kelompok yang pemalas dan sok sibuk. Semoga bermanfaat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak