facebook

5 Hal di Rumah yang Perlu Diperhatikan Ketika Memasuki Musim Hujan

Rania Erin Oktiara
5 Hal di Rumah yang Perlu Diperhatikan Ketika Memasuki Musim Hujan
Ilustrasi musim hujan (Pixabay.com/Pexels)

Rumah merupakan hunian ternyaman bagi setiap orang khususnya menjadi tempat berlindung dan berteduh di setiap harinya. Oleh karena itu, ketika memasuki musim hujan alangkah baiknya untuk mengecek kondisi rumah agar tetap menjadi hunian yang nyaman.

Ada beberapa hal di rumah yang perlu diperhatikan ketika menyambut musim hujan. Apa saja? Simak selengkapnya!

1. Atap bocor

Segera perbaiki atap yang bocor ketika hujan tiba. Atap yang bocor apabila dibiarkan juga membuatnya semakin parah yang dikhawatirkan akan menimbulkan dampak negatif seperti konsleting arus listrik, terpeleset, lubang di atap semakin besar, atau kejadian lainnya.

2. Dinding retak

Apabila mengetahui ada dinding yang sudah retak juga lebih baik segera diperbaiki sebelum musim hujan tiba. Dinding yang retak terutama batas antara bagian luar dan dalam rumah akan membuat air dari luar meresap masuk ke dalam dan membuat ruangan menjadi lembab.

Tidak hanya itu, dinding yang dibiarkan retak juga dikhawatirkan bisa membuat bangunan menjadi tidak kokoh dan berakhir roboh.

3. Bersihkan saluran air

Saluran air juga perlu diperhatikan agar ketika hujan turun air bisa mengalir dengan baik sehingga tidak terjadi pengendapan air yang bisa menjadi sarang nyamuk. Selain itu, saluran air yang tidak baik juga bisa membuat banjir dan susah surut.

4. Bersihkan halaman dari lumut atau tanaman liar

Lumut biasanya sering muncul di area yang lembab, salah satunya halaman rumah apabila sering terjadi perubahan cuaca dari panas ke hujan atau sebaliknya. Lumut bisa membahayakanmu karena licin.

Selain itu, bersihkan pula halaman rumah dari tanaman liar seperti rumput atau tanaman liar lainnya agar tidak menjadi sarang ular, ulat, semut, atau binatang yang merugikan lainnya.

5. Kebersihan dalam rumah

Kebersihan di dalam rumah juga perlu diperhatikan secara ekstra saat musim hujan tiba agar kelembapan ruangan terjaga dan tidak mudah berjamur.

Misalnya dengan membersihkan kolong kursi atau tempat tidur; menjemur bantal, guling, dan kasur saat cuaca terik; rutin mengganti sprei minimal satu minggu sekali; segera mengepel lantai saat atap bocor; dan lain sebagainya. 

Nah, itu dia 5 hal di rumah yang perlu diperhatikan ketika memasuki musim hujan. Bagaimana persiapanmu?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak