facebook

5 Alasan Penting Diskusi dalam Mengerjakan Tugas Kelompok, Kamu Perlu Tahu!

Rania Erin Oktiara
5 Alasan Penting Diskusi dalam Mengerjakan Tugas Kelompok, Kamu Perlu Tahu!
Ilustrasi orang berdiskusi dan belajar bersama (Pixabay.com/StockSnap)

Tugas kelompok merupakan tanggung jawab oleh semua anggota kelompok yang telah terbentuk. Hal utama yang dilakukan saat mengerjakan tugas secara berkelompok ialah berdiskusi. Namun, tak jarang orang mengabaikan proses diskusi dan selalu menginginkan hasil akhir dengan cepat.

Lantas, apa sih pentingnya diskusi dalam mengerjakan tugas kelompok? Simak 5 alasan penting diskusi berikut ini!

1. Mengetahui sudut pandang anggota kelompok

Salah satu alasan penting diskusi saat mengerjakan tugas kelompok ialah untuk mengetahui sudut pandang anggota kelompok yang tentunya tidak sama antara satu dengan yang lainnya. Hal ini bisa menjadi bahan pertimbangan yang baik sebagai penyelesaian tugas.

2. Menemukan jawaban terbaik untuk menyelesaikan tugas

Adanya proses diskusi juga membuat kelompok tersebut mampu menemukan jawaban terbaik untuk menyelesaikan tugas atas permasalahan yang dihadapi. Dengan begitu, hasil akhir tugas akan terjawab dengan baik dengan pemikiran yang matang.

3. Terciptanya kinerja kelompok yang kondusif

Tugas kelompok diberikan untuk melatih kerjasama antar sesama anggota kelompok, salah satunya dengan adanya proses diskusi. Dengan diskusi, akan terciptanya kinerja kelompok yang kondusif dan saling berkontribusi untuk menyalurkan tenaga serta pikirannya demi keberhasilan tugas kelompok. 

4. Saling mengoreksi antar anggota kelompok

Adanya proses diskusi juga digunakan untuk mengoreksi pendapat antar sesama anggota kelompok. Saling mengoreksi ini bertujuan agar nememukan jawaban yang benar tanpa harus ada yang merasa tertindas atau tanggapannya tidak digubris.

Apabila satu kelompok sudah sepakat dengan jawaban tersebut, maka kamu tidak boleh memaksakan pendapat pribadi yang kurang masuk untuk dijadikan bahan pertimbangan.

5. Memperluas wawasan dan pemahaman materi

Dampak positif dari adanya diskusi dalam mengerjakan tugas secara berkelompok ialah memperluas wawasan dan bisa memahami materi yang dikerjakan dengan baik.

Hal ini bisa menguntungkanmu saat presentasi atau ujian karena bisa menjawab pertanyaan dengan baik lantaran menguasai materi tersebut.

Oleh karena itu, apabila ada tugas kelompok sebaiknya kamu ikut turut serta dalam proses diskusi yang akan berdampak pada keberhasilan kelompok. Nah, itu dia 5 alasan penting diskusi saat mengerjakan tugas kelompok bersama!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak