facebook

6 Etika Mengirim Pesan Singkat ke Dosen, Mahasiswa Harus Tahu!

Rania Erin Oktiara
6 Etika Mengirim Pesan Singkat ke Dosen, Mahasiswa Harus Tahu!
Ilustrasi mahasiswa sedang menghubungi dosennya (Pixabay.com/Firmbee)

Setiap mahasiswa pasti ada masanya akan menghubungi dosen baik karena urusan akademi pribadi, maupun menjadi perwakilan untuk teman-temannya. Mengirim pesan ke dosen rupanya ada etika yang perlu mahasiswa tahu, sehingga akan terlihat lebih sopan dan tidak mengganggu. Simak selengkapnya, berikut etika mengirim pesan singkat ke dosen.

1. Jangan mengirim pesan di luar jam kerja atau hari libur

Dosen juga manusia biasa yang membutuhkan waktu untuk istirahat dan melakukan aktivitas lainnya. Sebagai mahasiswa kamu harus menjaga sopan santun dan menghargai waktu dosenmu. Meskipun hanya sebatas pesan singkat, jangan mengirimkannya di luar jam kerja atau saat hari libur, kecuali sudah ada kesepakatan sebelumnya.

2. Mengucapkan salam dan perkenalan diri

Tidak semua dosen menyimpan nomormu. Oleh karena itu, gunakanlah salam pembuka dan perkenalkanlah dirimu dengan menyebutkan nama, kelas, dan program studimu. Lalu sampaikan maksud dan tujuanmu menghubungi beliau dengan jelas. Lalu yang terakhir, jangan lupa mengucapkan terima kasih atas waktu yang telah diberikan.

3. Menggunakan bahasa yang baik dan formal

Kamu harus menggunakan bahasa yang baik dan formal ketika menghubungi dosen. Bahasa yang baik dan formal ini menunjukkan sikap profesionalisme, menghindari kesalahpahaman, dan menunjukkan sikap sopan ke dosenmu.

4. Jangan mengirim pesan secara terpisah-pisah

Jangan mengirim pesan secara terpisah-pisah. Cukup beri enter satu baris apabila kamu merasa pesanmu cukup panjang. Mengirim pesan secara terpisah-pisah akan membuatmu seperti spam chat ke dosen dan khawatir akan mengganggunya.

5. Jangan spam chat apabila belum segera dibalas

Beri jeda setelah mengirim pesan ke dosen dan jangan berharap dosen selalu fast respon meskipun kamu sedang terburu-buru. Kamu akan dicap tidak sopan dan tidak bisa menghargai waktu dosenmu apabila melakukannya. Apabila pesanmu tidak kunjung dibalas selama beberapa jam kemudian, kamu bisa mengirimkannya kembali di jam kerja.

6. Ucapkan terima kasih di akhir pembicaraan

Setelah berhasil mendapatkan jawaban dari dosen, sangat diwajibkan untuk mengucapkan terimakasih di akhir pembicaraan. Ucapkan terimakasih atas jawabannya, atas waktunya, atau hanya terimakasih bapak/ibu saja.

Sebelum mengirim pesan ke dosen tak jarang mahasiswa juga bertanya ke temannya terkait sopan atau tidaknya pesan yang akan dikirim tersebut. Cara itu juga bisa kamu lakukan apabila ragu ketika hendak mengirim pesan singkat ke dosen.

Nah, itu dia 6 etika mengirim pesan singkat ke dosen yang perlu diketahui oleh mahasiswa. Semoga bermanfaat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak