facebook

5 Hal yang Tidak Perlu Ditanyakan ke Mahasiswa Akhir, Takut Menyinggung!

Rania Erin Oktiara
5 Hal yang Tidak Perlu Ditanyakan ke Mahasiswa Akhir, Takut Menyinggung!
Ilustrasi orang pusing belajar (Pexels.com/cottonbro)

Menurut sebagian orang yang tidak merasakan susahnya dunia perkuliahan, menjadi mahasiswa akhir itu merupakan fase terakhir yang seharusnya bisa dipercepat untuk lulus. Segala pertanyaan pun dilontarkan karena ingin tahu dan membandingkan orang satu dengan orang lainnya.

Tak terkecuali bagi mahasiswa baru, yang merasa ingin tahu kesulitan mahasiswa akhir dalam menyelesaikan studinya biasanya juga banyak bertanya dan secara tidak langsung terkadang bikin tidak enak hati. Nah, berikut ada 5 hal yang tidak perlu ditanyakan ke mahasiswa akhir karena takut bisa menyinggung hatinya. Apa saja?

1. Kapan sidang? Kapan lulus? Ayo cepat diselesaikan

Bagi sebagian orang, pertanyaan ini hanya sebatas ingin tahu atau ingin memberikan semangat saja. Namun, ada pula mahasiswa akhir yang sensitif dan risih apabila terus-menerus ditanya seperti ini. Jadi, lebih baik doakan saja, ya!

2. Rencana kerja dimana? Jadi apa? Sudah dapat pekerjaan?

Waduh, masih kuliah sudah ditanya kerja dimana? Kadang memang bikin pusing, ya! Urusan kuliah saja belum selesai ditambah sudah harus memikirkan masa depan. Bagi sebagian orang yang sudah punya planning, pertanyaan ini mudah saja dijawab. Namun, sebagian orang lagi akan merasa bingung dan berkecil hati bahkan bisa berpotensi stres karena memikirkan dua hal yang berat sekaligus.

3. Kok kuliah kamu bisa lama? (lebih dari 4 tahun)

Banyak faktor yang mempengaruhi masa studi mahasiswa. Misalnya jadwal bimbingan, jadwal penelitian, mata kuliah yang diulang, dan lain sebagainya. Bukan urusanmu untuk mengetahui alasan seseorang lulus tidak tepat waktunya, melainkan berilah ia semangat dan apresiasi atas apapun pencapaiannya.

4. Apa sih sulitnya nyusun penelitian? Kamu kurang usaha mungkin? Temanmu saja sudah selesai

Jangan meremehkan setiap usaha orang lain. Kemampuan berpikir dan bertindak seseorang itu tidak sama dengan orang lainnya. Bersyukur apabila kamu tidak merasakan kendala saat penelitian. Lebih baik saling menghargai dan jangan merendahkan orang lain.

5. Kalau kamu enggak lulus tepat waktu, nanti gimana perasaan orang tuamu?

Tidak perlu ditanya pun, mahasiswa akhir tentu sudah memikirkan hal ini jauh-jauh hari. Walaupun selama kuliah ia menggunakan uang sendiri, tentu ia tetap kepikiran karena harus mengeluarkan uang lebih untuk membayar UKT. Jangan bertanya seperti ini, ya!

Nah, itu dia kira-kira ada 5 hal hal yang tidak perlu ditanyakan ke mahasiswa akhir. Tetap beri semangat, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak