facebook

3 Bahan Evaluasi Diri Jika Ingin Hubungan Asmaramu Minim Pertengkaran

Latifah ..
3 Bahan Evaluasi Diri Jika Ingin Hubungan Asmaramu Minim Pertengkaran
Ilustrasi wanita merenung (pexels.com/Luis Quintero)

Di antara permasalahan yang membuat hubungan asmara gak berjalan dengan baik, adalah seringnya terjadi pertengkaran antara pasangan. Pertengkaran yang terlalu sering terjadi bisa disebabkan karena memang kamu dan dia sudah benar-benar gak cocok, atau bisa pula karena satu atau dua pihak yang memiliki sifat kurang dewasa, sehingga permasalahan sepele pun bisa jadi sumber konflik.

Untuk itulah selama menjalin hubungan asmara diperlukan kemauan untuk mengevaluasi diri. Gunanya agar masing-masing bisa terus memperbaiki diri sehingga akan berpengaruh pada hubungan asmara yang berjalan dengan harmonis.

Nah, berikut ini akan dibahas mengenai beberapa bahan evaluasi diri jika ingin hubungan cintamu minim pertengkaran. Seperti apa? Mari disimak.

1. Sudah seberapa jujur kamu dengan pasangan

Di antara fondasi hubungan asmara, adalah rasa percaya. Kepercayaan ini hanya akan terbangun apabila masing-masing sudah mengedepankan kejujuran satu sama lain.

Maka dari itu, coba tanyakan pada dirimu sendiri sudah seberapa jujur kamu dengan pasangan? Apakah masih sering ada rahasia atau kebohongan yang kamu sampaikan? Kalau iya, sebaiknya segera hilangkan. Tentu kamu pun menginginkan pasangan yang senantiasa jujur padamu, kan?

2. Seberapa egois kamu?

Salah satu perusak hubungan asmara, adalah ego yang tinggi. Sifat egois akan mendorong banyak sekali perilaku buruk yang kemudian membuat hubungan jadi gak nyaman.

Sebagai contoh, setiap kali berdebat selalu ingin menang, tidak mau mengakui kesalahan, sering menyalahkan pasangan, dan sikap buruk lainnya. Jadi, kalau kamu serius ingin membawa hubungan cintamu sampai langgeng, sebaiknya turunkan egomu, ya.

3. Apakah caramu menyikapi masalah dengan pasangan sudah tepat?

Jika terjadi pertengkaran dengan pasangan, apa yang biasanya kamu lakukan? Berusaha menenangkan diri dan mendiskusikannya baik-baik dengan pasangan, atau malah lebih sering curhat ke media sosial mengenai konflik yang terjadi?

Nah, kalau yang terakhir ini sering kamu lakukan, artinya caramu mengatasi konflik belum tepat, ya. Usahakan bila alami pertengkaran dengan pasangan jangan diumbar ke mana-mana. Selesaikan berdua saja dulu. Mengumbarnya hanya bikin masalah jadi semakin besar.

Itulah 3 bahan evaluasi diri jika ingin hubungan asmaramu minim pertengkaran. Hidup berproses, maka dari itu jangan pernah lelah untuk terus memperbaiki diri, ya. Salah satu keuntungan yang akan kamu dapatkan, yaitu punya hubungan asmara yang minim pertengkaran. Itu, kan, yang setiap pasangan inginkan?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak