facebook

5 Tips Lulus Tepat Waktu, Mahasiswa Baru Harus Tahu dan Bisa Atur Strategi!

Rania Erin Oktiara
5 Tips Lulus Tepat Waktu, Mahasiswa Baru Harus Tahu dan Bisa Atur Strategi!
Ilustrasi orang berdiskusi (Pixabay.com/sasint)

Kamu mahasiswa baru dan ingin lulus tepat waktu? Rupanya kamu harus punya strategi dari awal agar impianmu itu bisa terwujud.

Lulus tepat waktu memang keinginan semua mahasiswa. Namun, terkadang realita tidak bisa sejalan dengan ekspektasi di awal. Hasil akhir apapun tidak jadi masalah selagi kita sudah berusaha semaksimal mungkin dari awal.

Nah, ada 5 tips lulus tepat waktu yang bisa kamu coba untuk atur strategi sejak maba. Simak selengkapnya!

1. Ambil SKS hingga batas maksimal

SKS maksimal yang bisa diambil dalam satu semester biasanya 24 SKS. Bagi mahasiswa baru biasanya sistem memilih mata kuliah tersebut sudah diatur oleh kampus, sehingga mungkin jumlah SKS-nya tidak bisa utuh hingga 24. Jangan khawatir, karena kamu bisa mengejarnya di semester selanjutnya. 

2. Konsultasi ke dosen akademik

Setiap mahasiswa akan mendapat satu dosen pembimbing akademik hingga lulus. Kamu bisa konsultasi ketentuan jurusan dengan beliau untuk mengatur strategi lulus tepat waktu misalnya bertanya total mata kuliah, biasanya ada kampus yang mengizinkan mahasiswanya mengambil lebih dari 24 SKS dalam satu semester. 

3. Rajin mengerjakan tugas dan hadir kuliah

Selain mengambil SKS maksimal dalam satu semester, yang tak boleh ketinggalan lainnya ialah harus rajin mengerjakan tugas dan hadir kuliah. Hal ini menunjukkan bahwa kamu berkomitmen dan antusias untuk segera lulus tepat waktu. Selain itu, nilai tugas dan kehadiran juga berpotensi pada kelulusan mata kuliah, loh!

4. Bisa mengatur waktu antara kuliah dan kegiatan lainnya

Kamu harus bisa mengatur waktu antara kuliah dan kegiatan lainnya agar tidak merasa terbebani atau mudah lelah dengan urusan kuliah. Apabila kamu tidak bisa memanajemen waktu dengan baik, dikhawatirkan kuliahmu jadi tidak maksimal dan harus mengulang di semester depan.

5. Membaca referensi topik skripsi

Bagi mahasiswa baru tidak ada salahnya untuk mencuri start dengan membaca referensi topik skripsi kakak tingkat atau mahasiswa kampus lainnya. Kamu tidak perlu langsung mencoba menulis karena pengetahuanmu masih terlalu minim apabila dilakukan di awal semester. Namun, kamu bisa mulai menulisnya di semester 6 atau 7 bersama dosen pembimbing yang akan membantumu.

Nah, itu dia 5 tips lulus tepat waktu yang bisa kamu coba untuk atur strategi sejak maba. Semangat, kamu pasti bisa!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak