facebook

5 Kebiasaan Buruk yang Membuat Mahasiswa Malas Kuliah, Bikin Telat Lulus!

Rania Erin Oktiara
5 Kebiasaan Buruk yang Membuat Mahasiswa Malas Kuliah, Bikin Telat Lulus!
Ilustrasi orang sedih (Pixabay.com/1388843)

Saat memutuskan untuk kuliah dan menjadi mahasiswa, maka sama halnya kita sudah siap bertanggung jawab atas keputusan yang telah diambil dari awal. Bertanggung jawab atas diri sendiri untuk berkomitmen kuliah dengan baik.

Namun realitanya, tidak jarang ditemukan mahasiswa yang kurang peduli dengan hal tersebut dan timbulah kebiasaan buruk yang bisa berpotensi membuatnya jadi telat lulus kuliah. Berikut ada 5 kebiasaan buruk yang membuat mahasiswa malas kuliah. Apa saja?

1. Tidak bisa mengatur waktu antara kuliah dan kegiatan di luar

Setiap mahasiswa bebas melakukan kegiatan di luar kuliah seperti bekerja, ikut UKM, organisasi di luar kampus, atau kegiatan lainnya. Akan tetapi, fokus pada kuliah jangan sampai terlupakan, ya! Justru kuliah harus menjadi nomor 1 atau diprioritaskan dibandingkan kegiatan yang lain.

2. Lingkungan teman yang tidak baik

Faktor lingkungan pertemanan juga memiliki pengaruh pada kebiasaan seseorang. Mahasiswa yang terlanjur masuk ke lingkungan pertemanan kurang sehat biasanya juga ikut terjerumus dalam kebiasaan buruk tersebut dan jadi malas kuliah misalnya sering bolos, sering telat mengumpulkan tugas, sering telat hadir di kelas, dan lain sebagainya.

3. Tidak suka dengan dosen di mata kuliah tertentu

Biasanya mahasiswa bebas memilih dosen pada saat KRS-an di kelas yang masih memiliki kuota kosong. Kalau sudah penuh, mau tidak mau mahasiswa harus menerima nasib dengan masuk ke kelas seadanya dan terkadang mendapat dosen yang tidak disukai. Kebiasaan buruk ini harus dihindari, ya!

4. Tidak bisa bangkit dari masalah pribadi

Setiap orang pasti punya masalah pribadi dan harus segera diselesaikan agar tidak mengganggu aktivitas lainnya. Jangan sampai kamu terlarut dalam kesedihan dan overthinking yang bisa mengganggu kuliahmu.

Apabila kamu merasa ada masalah kesehatan mental, sebaiknya segera konsultasi ke psikolog atau psikiater. Kamu juga bisa sharing ke teman yang kamu percaya untuk mendengarkan masalahmu dan minta solusi kepadanya.

5. Mudah menyerah

Waduh, jadi mahasiswa enggak boleh gampang menyerah, ya! Tetap semangat seperti awal masuk dulu saat masih jadi mahasiswa baru. Ingatlah tujuanmu kuliah dan perjuanganmu untuk berada di bangku perguruan tinggi. Selain itu, jangan sampai kamu mengecewakan diri sendiri dan menyesal di kemudian hari.

Demikian 5 hal kebiasaan buruk yang membuat mahasiswa malas kuliah dan bisa bikin telat lulus. Semoga kamu tidak seperti itu, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak