facebook

8 Tipe Teman yang Bisa Beri Dampak Negatif saat Kuliah, Jangan Ikut-Ikutan!

Rania Erin Oktiara
8 Tipe Teman yang Bisa Beri Dampak Negatif saat Kuliah, Jangan Ikut-Ikutan!
Ilustrasi orang sedih (Pexels.com/Liza Summer)

Kita boleh saja berbuat baik dengan siapapun asalkan jangan sampai terjerumus ke pergaulan yang salah. Terkadang secara tidak langsung kita merasa tidak ada yang salah dengan pertemanan selama di kuliah. Tapi realitanya, banyak mahasiswa yang mengikuti kebiasaan teman dekatnya baik dalam waktu dekat atau lain waktu.

Teman dekat memang punya pengaruh dalam kehidupan setiap orang. Orang yang rajin bisa menjadi pemalas karena faktor lingkungan pertemanan yang tidak baik. Nah, ada beberapa tipe teman yang bisa memberikan dampak negatif selama kuliah. Kamu harus lebih selektif!

1. Suka menunda pekerjaan

Pekerjaan yang sering ditunda akan menumpuk dan bisa membuat orang keteteran saat mengerjakan. Salah satu contoh akibatnya yaitu terlambat mengumpulkan tugas. Selain itu, sering menunda pekerjaan juga bisa membuatmu jadi pemalas.

2. Sering mengajak bolos

Biasanya setiap mata kuliah punya jatah 3 kali tidak hadir dengan berbagai alasan. Tetapi, itu juga kembali lagi pada kebijakan kampus.

Jatah tidak hadir itu lebih baik digunakan saat mendesak saja misalnya sedang sakit atau ijin ada keperluan penting. Jangan digunakan untuk berleha-leha tidak jelas karena akan merugikan diri sendiri dan bisa ketinggalan materi.

3. Sering memilih titip absen ke teman lainnya

Sebagian mahasiswa pasti pernah merasakan titip absen ke temannya karena tidak bisa mengikuti perkuliahan dengan berbagai alasan agar tidak mengurangi total kehadiran. Kebiasaan ini tidak boleh diteruskan karena menunjukkan orang tersebut tidak bisa mengatur waktu dengan baik.

4. Sering datang terlambat

Mahasiswa yang sering datang terlambat akan dapat kesan negatif dari dosen. Dosen menilai ia tidak niat mengikuti kelas dan tidak disiplin.

5. Berfoya-foya

Selama menjadi mahasiswa harus pandai mengatur keuangan. Jangan berfoya-foya meskipun punya uang banyak, kita tidak tahu ada kebutuhan mendesak dan takutnya uang sudah habis.

6. Sering mencontek saat ujian

Jangan ikuti kebiasaan teman yang sering mencontek saat ujian. Kerjakan semampumu untuk mengukur sejauh mana pengetahuanmu terhadap materi kuliah.

7. Sering mengeluh dan meremehkan pencapaian orang lain

Teman yang sering mengeluh dan suka meremehkan pencapaian orang lain kadang memang bikin telinga risih. Secara tidak langsung juga mempengaruhi psikis kita menjadi mudah lelah. Oleh karena itu, lebih baik hindari tipe teman seperti ini. 

8. Pergaulan bebas

Biasanya mahasiswa merasa lebih bebas karena jauh dari orang tua atau sudah merasa cukup umur untuk melakukan tindakan negatif, misalnya pergaulan bebas.

Jangan sampai kamu ikut-ikutan karena selalu dibilang tidak gaul atau tidak bisa menikmati masa muda. Justru pergaulan bebas yang akan merusak masa depanmu.

Nah, itu dia 8 tipe teman yang bisa memberikan dampak negatif selama kuliah. Kamu jangan ikut-ikutan, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak