facebook

4 Dampak Negatif Sering Bolos Kuliah, Bisa Bikin Enggak Boleh Ikut Ujian!

Rania Erin Oktiara
4 Dampak Negatif Sering Bolos Kuliah, Bisa Bikin Enggak Boleh Ikut Ujian!
Ilustrasi dampak buruk kebiasaan mencontek (Pixabay.com/nicolagiordano)

Setiap mahasiswa pasti pernah merasa capek atau jenuh dengan padatnya aktivitas dan merasa kurang istirahat. Tak jarang, sebagian dari mereka memilih untuk bolos dengan menghabiskan jatah tidak hadir selama satu semester per mata kuliah, atau lebih memilih titip presensi ke teman yang hadir saat itu.

Tidak hadir saat kuliah itu wajar apabila memang sakit atau ada kepentingan mendesak. Asalkan jangan terlalu sering dan perhatikan jatah ketidak hadiranmu selama satu semester.

Berikut 4 dampak negatif sering bolos kuliah yang kerap terjadi. Kamu pernah merasakannya?

1. Ketinggalan materi dan jadi tidak paham saat ujian

Setiap materi kuliah per pertemuan itu saling berkesinambungan. Apabila mahasiswa tidak hadir satu hari saja, maka bisa ketinggalan banyak materi.

Bayangkan apabila ia sering membolos, tentunya semakin sulit untuk mengejar materi karena sudah ketinggalan jauh. Selain itu, dampak negatifnya jadi kurang paham atau kurang maksimal ketika mengerjakan ujian.

2. Berdampak pada nilai akhir

Kehadiran mahasiswa juga mempengaruhi akumulasi pada nilai akhir. Apabila mahasiswa tersebut tidak hadir melebihi batas yang telah ditentukan, maka nilai otomatis D atau E dan harus mengulang di semester selanjutnya.

Mengulang mata kuliah itu rasanya lebih berat karena harus mengeluarkan tenaga dan pikiran untuk yang kedua kalinya. Selain itu, hal ini juga berdampak pada lamanya masa studi. Jadi, jangan pernah main-main dengan kehadiranmu saat kuliah, ya!

3. Tidak bisa ikut ujian

Selain itu, ada pula kebijakan kampus yang tidak mengizinkan mahasiswa yang total kehadirannya kurang, maka mahasiswa tersebut tidak boleh ikut ujian. Hal ini sama halnya poin di atas yang berarti mahasiswa harus mengulang di semester depan. Kalau begini, akan merugikan diri sendiri!

4. Jadi kebiasaan buruk yang merugikan

Dampak negatif dari seringnya bolos kuliah bisa menjadi kebiasaan buruk yang merugikan. Mahasiswa menjadi kekurangan gairah, tidak disiplin, dan jadi malas untuk melanjutkan studinya karena terbiasa bolos dan bebas melakukan kegiatan lain di luar jam kuliah.

Nah, itu dia 4 dampak negatif sering bolos kuliah yang kerap terjadi pada mahasiswa. Kamu jangan seperti itu, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak