facebook

5 Cara Membagi Waktu antara Kuliah dan Organisasi, Mana yang Prioritas?

Rania Erin Oktiara
5 Cara Membagi Waktu antara Kuliah dan Organisasi, Mana yang Prioritas?
Ilustrasi orang yang selalu on time (Pixabay.com/JESHOOTTS-com)

Mahasiswa yang aktif pasti suka berorganisasi baik di luar ataupun di dalam kampus. Tidak hanya organisasi, tapi mereka juga melakukan kegiatan lainnya yang bermanfaat seperti berkerja, menghadiri seminar, atau workshop. Lantas, bagaimana cara membagi waktu yang baik antara kuliah dan organisasi atau kegiatan lainnya?

Membagi waktu antara kuliah dan organisasi atau kegiatan lainnya ini lumayan bikin bimbang dan sulit di awal. Semuanya terasa ingin dilakukan dan menjadi prioritas. Namun, bukan begitu caranya untuk produktif yang baik.

Simak beberapa cara membagi waktu antara kuliah dan organisasi berikut ini!

1. Prioritaskan kuliah

Kuliah tetap nomor satu bagi mahasiswa yang bersungguh-sungguh ingin belajar dan mendapatkan pemahaman materi dengan baik. Kalau ada yang bilang bahwa nilai tidak menjamin mudah cari kerja, jangan hiraukan! Justru nilai yang bagus menjadi gerbang pembuka dalam memperoleh pekerjaan dan sebagai bukti bahwa kamu telah kuliah dengan sungguh-sungguh.

2. Atur waktu dan jangan lupa istirahat

Kamu perlu mengatur waktu dengan baik. Jangan sampai organisasi mengganggu kuliahmu, begitu pula sebaliknya. Lalu, jangan lupa untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran dari aktivitas yang padat agar tidak gampang sakit, stres, dan jadi fresh kembali.

3. Jangan ikuti semua organisasi, pilih yang terbaik

Apabila kamu menemukan misalnya 5 organisasi yang ingin kamu ikuti, maka lebih baik pilih maksimal 2. Terkadang satu organisasi saja sudah sibuk sebab banyak yang harus dikerjakan, apalagi lebih dari satu. Pilih yang menurutmu paling ingin kamu ikuti dan bisa mengembangkan keahlianmu. 

4. Disiplin dan menjaga komitmen

Kamu harus disiplin dan berkomitmen dengan tidak menunda pekerjaan, harus tepat waktu dalam bekerja, serta komitmen mampu melaksanakan kuliah dan organisasi, yang berarti organisasi tersebut tidak akan mengganggu waktu kuliah dan jam belajarmu.

5. Kurangi aktivitas yang tidak penting

Saat memutuskan untuk kuliah dan aktif organisasi atau kegiatan penting lainnya, kamu harus mengurangi aktivitas yang tidak penting seperti sering nongkrong bareng teman, terlalu lama bermain ponsel, dan lain sebagainya agar semakin banyak waktumu untuk melakukan kegiatan yang lebih bermanfaat.

Nah, itu dia 5 cara membagi waktu antara kuliah dan organisasi agar tetap berjalan lancar dan tetap produktif.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak