facebook

5 Tips untuk Mengerjakan Tugas agar Bisa Selesai dan Terkumpul Tepat Waktu

Rania Erin Oktiara
5 Tips untuk Mengerjakan Tugas agar Bisa Selesai dan Terkumpul Tepat Waktu
Ilustrasi orang pusing belajar (Pexels.com/cottonbro)

Setiap pelajar seperti anak sekolah dan mahasiswa tentunya mendapat penugasan dari guru atau dosen setelah jam belajar mengajar selesai. Namun, herannya ada beberapa orang yang ternyata tidak sanggup ketika menyelesaikan tugas tersebut dengan tepat waktu.

Ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang menjadi tidak tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, yang berakibat tugas pun bisa telat dikumpulkan dan mendapat nilai minus. Tapi tenang, ini ada 5 tips untuk mengerjakan tugas agar bisa selesai dan terkumpul tepat waktu. Simak baik-baik!

1. Menyicil pengerjaan tugas

Setelah pulang sekolah atau kuliah biasanya orang akan merasa lelah dan lapar sehingga harus beristirahat sejenak. Belum lagi kalau anak sekolah harus les untuk menambah pengetahuan. Cara yang bisa dicoba agar tugas cepat selesai ialah dengan menyicilnya. Kerjakan sedikit demi sedikit di waktu luang apabila kamu merasa sangat sibuk dan banyak tugas.

2. Jangan menunda mengerjakan tugas

Kebiasaan buruk satu ini memang sulit untuk dihindari. Terkadang orang merasa deadline tugas masih jauh sehingga menunda untuk mengerjakan tugas, atau sering bilang 'nanti-nanti saja'. Setop kebiasaan buruk ini karena kamu tidak bisa menebak kejadian di esok hari yang bisa membuatmu semakin sibuk.

3. Manfaatkan hari libur

Hari libur bagi sebagian orang digunakan untuk bersantai. Namun, tidak bagi kamu yang masih punya tanggungan tugas. Memanfaatkan hari libur sangat berguna untuk mengerjakan tugas karena banyak waktu yang bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas-tugas tersebut dengan maksimal.

4. Kurangi kegiatan di luar kuliah atau sekolah yang mengganggu produktivitas dalam belajar

Apabila kamu merasa sangat sibuk dengan jadwal harian. Coba perhatikan kegiatan mana yang banyak menyita waktumu untuk belajar. Kurangi kegiatan tersebut dan mulai atur kembali jadwal yang telah dibuat. Pilih waktu yang menurutmu nyaman untuk mengerjakan tugas.

5. List tugas dan batas maksimal pengumpulan

Hal ini bisa dilakukan apabila kamu tipe orang yang mudah lupa atau memiliki jadwal padat, sehingga perlu adanya pengingat dengan menuliskan list tugas beserta batas maksimal pengumpulannya. Dengan begini, tugasmu bisa dikerjakan dan selesai tepat waktu.

Nah, itu dia 5 tips untuk mengerjakan tugas agar bisa selesai dan terkumpul tepat waktu. Semoga bermanfaat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak