facebook

5 Kesalahan yang Biasa Dilakukan Mahasiswa Baru, Jangan Lakukan!

Desyta Rina Marta Guritno
5 Kesalahan yang Biasa Dilakukan Mahasiswa Baru, Jangan Lakukan!
Ilustrasi Mahasiswa (Pixabay/kuznezovrk)

Kalau baru pertama kali melakukan sesuatu, wajar saja kalau kita melakukan suatu kesalahan. Seperti saat pertama masuk kuliah, banyak mahasiswa baru yang melakukan beberapa kesalahan kecil karena belum mengetahui kehidupan sebagai mahasiswa. Kesalahan tersebut memang bukan hal yang fatal, tapi alangkah lebih baik kalau kamu mengetahuinya terlebih dahulu agar tidak keliru kan? Berikut ini adalah kesalahan yang biasanya dilakukan mahasiswa saat kali pertama masuk kuliah. 

1.  Baju

Setiap kampus atau fakultas memiliki peraturan sendiri-sendiri mengenai baju yang dikenakan mahasiswanya, biasanya  ada aturan yang melarang mahasiswanya memakai suatu pakaian tertentu. Sebaliknya, ada pula peraturan yang mewajibkan untuk memakai pakaian tertentu. Kalau di fakultasmu tidak memberlakukan peraturan tersebut, cobalah untuk memakai baju yang sopan dan semi formal untuk ke kampus. 

2. Telat

Kalau biasanya di rumah ada ibu yang membangunkan kamu, mulai saat ini kamu harus bisa jadi lebih mandiri. Salah satu kesalahan yang umum terjadi pada mahasiswa adalah datang terlambat saat pertama kali masuk kuliah, untuk menghindari hal itu kamu bisa menyalakan alarm atau minta teman untuk membangunkan kamu.

3. Kurang Informasi

Jangan malas mencari informasi saat sudah kuliah, apalagi saat baru pertama kali masuk seperti ini. Hal-hal sepele seperti kelas dan update jam perkuliahan perlu dipantau terus untuk menghindari miskomunikasi. Jangan sampai kamu keliru atau bahkan ketinggalan informasi ya.

4. Mengabaikan Penjelasan Dosen

Meskipun mungkin penjelasan dosen belum masuk ke materi, tapi di awal-awal begini biasanya dosen akan menyampaikan beberapa informasi penting yang akan kamu gunakan selama satu semester. Jadi, usahakan untuk tidak mengabaikan penjelasan dosen ya.

5. Menyepelekan Absen

Ingat, kamu mahasiswa baru jadi jangan mencari masalah di awal perkuliahan. Kalau dulu di SMA kamu sering bolos, jangan sampai kali ini kamu ulangi lagi karena absen di perkuliahan sangat penting dan tidak dapat diganggu gugat. Kalau kamu tidak memenuhi absen pada jumlah tertentu, bisa jadi kamu tidak lulus pada satu mata kuliah tertentu.

Itulah 5 kesalahan yang biasa dilakukan mahasiswa baru, jangan sampai terjadi padamu ya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak