facebook

4 Langkah untuk Mengawali Pembicaraan dengan Orang Asing, Apa Saja?

Vivia Lintang
4 Langkah untuk Mengawali Pembicaraan dengan Orang Asing, Apa Saja?
Ilustrasi berbicara. (Pexels.com/nappy)

Saat berada pada komunitas atau tempat-tempat umum kita akan banyak bertemu dengan orang baru. Mungkin ada hal yang memang mengharuskan kamu untuk bersinggungan langsung dengannya sehingga kamu perlu untuk memulai sebuah topik pembicaraan.

Saat terlalu canggung kamu justru kikuk dan tampak bingung untuk memulai, kan? Di bawah ini beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk memulai pembicaraan dengan orang asing.

1. Tunjukkan bahwa Kamu Terbuka dengan Hal-Hal Baru

Hal yang harus kamu lakukan pertama kali saat akan memulai topik dengan pembicaraan dengan orang asing adalah dengan menunjukan bahwa kamu terbuka dengan hal-hal baru. Kamu bisa melakukan ini dengan memulai topik random yang kamu tanyakan padanya, berikan respon persuasif agar memancingnya untuk kembali bercerita.

Saat dia mulai bercerita tentang hal-hal yang tengah ia geluti atau hal yang ia sukai, usahakan agar kamu memberi timbal balik yang positif sehingga ia akan menjadi nyaman ketika berkomunikasi denganmu.

2. Timbulkan Atmosfer yang Positif

Responmu memengaruhi bagaimana selanjutnya berjalan. Saat kamu memberikan respon-respon positif, kemungkinan besar ia akan menjadi nyaman hingga suasana canggung diantara kalian dapat melebur. 

Atmosfer positif yang menyelimuti ketika terjadinya sebuah komunikasi dapat membuat ruang hangat yang nyaman sehingga pembicaraan dapat berlangsung dalam rentang waktu yang lama.

3. Mendengarkan Cerita dengan Seksama

Sebagai bentuk penghargaan, kamu perlu untuk mendengarkan ceritanya dengan seksama. Setidaknya jangan mainkan smartphone milikmu ketika ia sedang bercerita. Usahakan dengarkan baik-baik tanpa menyela apa yang ia katakan sehingga komunikasi dapat berjalan lancar.

4. Memberi Tempat untuk Bertukar Pendapat

Dengan memberinya kesempatan untuk bertukar buah pikir denganmu, ia akan merasa dilibatkan dalam pembicaraan sehingga hal ini dapat menguarkan aura positif. Saat kamu memberinya wadah untuk menyampaikan pendapat-pendapatnya tentang topik yang kalian bahas, pasti dapat membuatnya nyaman dan betah untuk berlama-lama berbicara denganmu.

Itu dia 4 langkah yang dapat kamu lakukan untuk mengawali pembicaraan dengan strangers, pastikan dulu untuk melihat kondisi dan suasana yang memang mendukung jika ingin memulai, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak