facebook

Bukan Hanya Dilihat dari Hasil IQ, Ini 5 Ciri Orang yang Cerdas

Dani Alifian
Bukan Hanya Dilihat dari Hasil IQ, Ini 5 Ciri Orang yang Cerdas
ilustrasi orang cerdas. (Unsplash/Polargold)

Ada beberapa karakteristik orang cerdas yang mungkin saja tidak terlihat dari cara mereka berpikir, berbicara, dan bekerja. Oleh sebab itu sejatinya IQ bukan satu-satunya tolak ukur pada kecerdasan seseorang.

Berikut ini beberapa ciri orang yang cerdas dikutip dari berbagai sumber. 

1. Rendah Hati

Penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti Pepperdine University di California pada 1.200 peserta, orang-orang cerdas punya sikap menerima kekurangan dalam diri sendiri dan kemampuan untuk menyerap pengetahuan baru (dalam Tosiani, 2019). Para peneliti menemukan orang-orang rendah hati dan sederhana lebih bersedia menerima pendapat orang lain. 

Orang cerdas cenderung berkepala dingin, sehingga lebih mudah menyerap fakta. Sebab otak bekerja dengan cara yang berbeda saat harus mengingat informasi sehingga lebih cerdas dalam pemecahan masalah.

2. Humoris

Orang yang cerdas punya kemampuan otak untuk melakukan observasi yang detail sekaligus membuat sebuah ide dari kehidupan sehari-hari. Selain itu, orang cerdas punya kemampuan membaca dan bahasa yang baik. Tidak semua lelucon itu lucu. Timing dan tema begitu berpengaruh terhadap tingkat kelucuan dari lelucon tersebut.

Orang cerdas tahu cara untuk menyampaikan dan kapan harus menyampaikan humor agar dapat menghibur orang lain menurut. 

3. Memiliki Kontrol Diri yang Tinggi

Pengendalian diri yang kuat merupakan salah satu ciri orang cerdas. Menolak untuk membuat keputusan yang impulsif dan kehati-hatian dalam mempertimbangkan suatu pilihan dengan matang berkorelasi dengan kecerdasan.

4. Penuh Kasih dan Empati 

Orang yang cerdas biasanya punya rasa empati dan penuh dengan kasih. Mereka dapat memahami apa yang dirasakan oleh orang lain. Kecerdasan emosional menjadi kemampuan seseorang mengatur emosi, menjaga emosi, dan pengungkapan melalui kesadaran diri, pengendalian diri, empati, motivasi diri, juga keterampilan sosial. 

5. Suka Mengamati dan Mengingat 

Ketimbang banyak bicara dan berdebat dengan orang lain, orang cerdas biasanya cenderung diam dan cermat mengamati sesuatu. Orang yang cerdas biasanya bisa menangkap hal yang dilewatkan oleh orang lain dengan ingatan yang kuat.

Adakah beberapa hal itu dalam diri Anda? Bisa jadi Anda memiliki kecerdasan yang tinggi. (dan)

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak