facebook

4 Tanda Kamu Perlu Istirahat dari Media Sosial, Pernah Mengalami?

Riva Khodijah
4 Tanda Kamu Perlu Istirahat dari Media Sosial, Pernah Mengalami?
Ilustrasi wanita mengecek HP (pexels.com/mikoto.raw Photographer)

Boleh dibilang interaksi di media sosial tidak pernah mengenal berhenti. Namanya dunia maya rasa-rasanya selalu ramai. Tak jarang hal ini menjadi persoalan. Selain membuang-buang waktu dan energi, juga membawa permasalahan lainnya, di antaranya kondisi mental.

Itu sebabnya dalam bermedia sosial pun diperlukan detoksifikasi juga. Kamu perlu mengambil jeda agar tidak terlalu terpengaruh dengan efek buruk medsos.

Lalu, seperti apa tanda-tanda kalau kamu perlu istirahat dari media sosial? Berikut akan diulas lebih jauh. Simak, ya.

1. Selalu memantau notifikasi media sosial

Hal pertama yang bisa menandakan kalau perlu waktu beristirahat dari media sosial, yaitu sudah timbul gejala kecanduan. Itu diperlihatkan dari seringnya memantau notifikasi medsos.

Rasa-rasanya tidak mau ketinggalan informasi terbaru. Atau sudah tidak sabar melihat siapa yang me-likes atau mengomentari unggahanmu. Perilaku ini sudah gak sehat, lho.

2. Panik saat lupa bawa HP

Namanya manusia pasti suka lupa, salah satunya lupa bawa HP. Memang, saat ini peranan ponsel pintar sangat penting. Ada banyak hal yang bisa dilakukan lewat HP.

Hanya saja, kalau sampai kamu panik berlebihan, dan seperti hidup terasa kurang lengkap saat gak bawa ponsel pintar. Padahal, sebenarnya gak ada hal yang berkaitan dengan pekerjaan di HP itu, maka itu pertanda perilakumu terhadap gadget serta medsos sudah gak sehat lagi.

3. Tiap bangun tidur selalu melihat medsos

Ciri lain kalau kamu perlu detoksifikasi media sosial, yaitu apabila tiap bangun tidur pasti gak pernah ketinggalan dari melihat HP. Rasanya pagi hari kurang lengkap bila tidak diawali ritual tersebut.

Padahal, langsung mengakses medsos saat bangun tidur kurang baik, lho. Biasanya berita di media sosial gak jauh-jauh dari informasi negatif, dan ini bisa menularkan mood jelek ke kamu.

4. Jadi minder

Hal selanjutnya yang mencirikan kalau media sosial sudah membawa dampak buruk bagi hidupmu, yaitu bikin kamu rendah diri. Melihat kehidupan teman-teman atau orang lain yang tampak begitu sempurna, sementara di sini kamu sedang banyak masalah dapat mendorongmu berpikir kalau kamu gak layak mendapatkan kehidupan yang indah.

Nah, pemikiran seperti ini sangat berbahaya sekali karena akan membuatmu rentan stres atau depresi.

Kalau sudah ada tanda-tanda tadi, sebaiknya istirahatkan dulu dari mengakses media sosial, ya. Hal tersebut demi menjaga kesehatan mentalmu.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak