facebook

5 Manfaat Jadi Asisten Dosen, Kamu Bisa Dapat Uang dan Koneksi!

Riva Khodijah
5 Manfaat Jadi Asisten Dosen, Kamu Bisa Dapat Uang dan Koneksi!
Ilustrasi mahasiswi (pexels.com/Anastasiya Gepp)

Masa-masa kuliah memang sebaiknya dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk menggali ilmu juga berbagai pengalaman. Salah satunya pengalaman menjadi asisten dosen.

Menjadi asisten dosen gak hanya bikin kamu keren, lho, tapi juga banyak manfaat lain yang pastinya menguntungkan, terutama untuk prospek karier masa depan. Manfaat apa saja yang dimaksud? Mari simak ulasannya lebih lanjut.

1. Mendapat uang jajan tambahan

Seperti diketahui, saat masih menjadi mahasiswa umumnya uang jajan hanya bergantung dari jatah bulanan orangtua. Nah, salah satu keuntungan dari menjadi asisten dosen, yaitu kamu jadi punya uang jajan tambahan, dan itu hasil keringat sendiri, lho.

2. Memperluas jaringan

Manfaat selanjutnya menjadi asisten dosen, yaitu bisa memperluas jaringan. Kamu bisa bertemu dan kenal lebih dekat dengan kakak maupun adik kelas, serta dosen pengajar. Hal ini termasuk kesempatan langka, lho.

Kamu gak akan pernah tahu jika ternyata mereka yang kamu kenal saat ini bakal terkoneksi dan membantumu di masa depan nanti. Gak hanya itu, berinteraksi lebih dekat dengan dosen bisa menambah wawasan, baik itu berkaitan dengan profesi maupun persoalan kehidupan. Kamu jadi dapat menimba banyak ilmu darinya.

3. Menambah posisi tawar

Dengan adanya pengalaman sebagai asisten dosen, CV (Curriculum Vitae) yang kamu punya nanti jadi gak polos-polos banget. Kamu akan memiliki posisi tawar lebih tinggi dalam memperebutkan suatu posisi pekerjaan dengan kandidat lain yang mungkin belum pernah memiliki pengalaman serupa di masa kuliah.

4. Mencegah lupa

Sering banget, kan, kamu lupa dengan materi-materi yang sudah dipelajari sebelumnya? Nah, dengan menjadi asisten dosen, mau gak mau kamu akan selalu mengingat materi yang telah dipelajari.

Karena ada kalanya kamu bakal diminta dosen untuk mengajar langsung ke adik-adik kelasmu. Jadinya apa yang kamu pelajari, kan, gak sia-sia. Selalu tertanam karena sering diulang terus.

5. Melatih public speaking

Salah satu skill yang penting dikuasai saat di dunia kerja nanti, adalah public speaking. Nah, bagi kamu yang pemalu, justru inilah kesempatan besar untuk melatih dirimu terbiasa berbicara di depan umum. Sehingga nantinya saat kerja dan diminta untuk presentasi sudah piawai!

Sekarang tahu, ya, kalau menjadi asisten dosen banyak manfaatnya. Maka dari itu, kalau ada kesempatan untuk menjadi asisten dosen dicoba aja.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak