facebook

4 Langkah Self-Healing saat Banyak Beban Pikiran, Mendekat pada Tuhan!

Riva Khodijah
4 Langkah Self-Healing saat Banyak Beban Pikiran, Mendekat pada Tuhan!
Ilustrasi wanita tersenyum.[pexels.com/lucas souza]

Mengalami berbagai perasaan negatif tentu sangatlah manusiawi. Ada kalanya berbagai cobaan membuatmu merasa capek, sedih, kecewa, atau berbagai emosi negatif yang lain.

Hanya saja, sebaiknya kondisi tersebut jangan dibiarkan berlama-lama. Gak hanya bisa menghambat penyelesaian masalah, tapi hanya akan semakin membebani pikiran. Itulah kenapa kamu perlu self-healing agar bisa segera lepas dari berbagai emosi negatif.

Seperti apa contoh self-healing atau menyembuhkan diri sendiri yang dapat kamu lakukan? Berikut akan diulas lebih jauh. Simak terus, ya.

1. Bersikap tegas pada diri sendiri untuk berhenti bersedih

Seperti sudah disinggung sebelumnya, sangat manusiawi bila kamu merasa sedih atau ingin menangis. Hanya saja, jangan terus dituruti sampai-sampai kehidupanmu jadi berantakan karena galaunya gak berhenti-berhenti.

Langkah pertama agar kamu bisa segera sembuh dari rasa sedih karena banyaknya beban pikiran, adalah bersikap tegas ke diri sendiri kalau fase sedihnya sudah cukup. Dengan demikian, kamu jadi bisa melanjutkan hidup dan memikirkan solusi mengenai persoalan yang saat ini membebani pikiran.

2. Curhat ke keluarga atau teman

Terlalu sering curhat memang gak baik, karena hal tersebut sama saja membiasakan mengeluh. Akan tetapi, kalau beban hatimu dirasa sudah begitu berat jangan dipendam terus, itu malah bisa berdampak buruk. Kamu akan rentan dengan depresi, lho.

Oleh sebab itu, salah satu cara self-healing yang dapat kamu lakukan, adalah mencari keluarga atau teman yang bisa dipercaya untuk bercerita. Tumpahkan semua unek-unekmu, dan siapa tahu mereka bisa menemukan penyelesaian kemelut yang sedang kamu alami.

3. Bersikap positif pada diri sendiri

Ketika ada banyak beban pikiran, biasanya orang cenderung untuk berpikir negatif, dan ini malah memperburuk kondisi mental. Cobalah melawan kecenderungan overthinking dengan afirmasi positif ke diri sendiri.

Katakan berbagai hal baik, atau ingat-ingat kembali kesulitan apa saja yang dulu berhasil kamu lewati. Hal itu bisa menambah rasa percaya diri bahwa kondisi sulit saat ini gak akan selamanya, dan pasti bisa kamu lewati seperti yang sudah-sudah.

4. Mendekat pada Tuhan

Manusia memiliki daya pikir yang sangat terbatas. Itu sebabnya, jika kamu rasanya sudah begitu mumet, cobalah mendekat pada Tuhan, pemilik langit dan bumi. Serahkan semuanya pada Tuhan, karena biasanya Tuhan akan membuka jalan dari arah yang gak pernah disangka-sangka apabila kita sudah yakin dan berserah diri pada-Nya.

Itu dia beberapa langkah melakukan self-healing saat banyak beban pikiran. Semoga membantu, ya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak