facebook

5 Langkah Bijak Menyelesaikan Permasalahan Keluarga, Mau Memaafkan!

Riva Khodijah
5 Langkah Bijak Menyelesaikan Permasalahan Keluarga, Mau Memaafkan!
Ilustrasi kakak adik bertengkar.[pexels.com/Liza Summer]

Yang namanya semua hubungan interpersonal pasti memiliki liku-liku tersendiri. Tak terkecuali hubungan keluarga di mana kamu terikat hubungan sedarah. Tetap saja pasti pernah mengalami masalah.

Nah, berikut ini akan diulas beberapa langkah bijak menyelesaikan permasalahan keluarga. Seperti apa? Mari simak lebih lanjut.

1. Bersikap jujur

Hal penting yang wajib ada dalam hubungan apa pun, adalah kejujuran. Tanpa adanya kejujuran, anggota keluarga akan mudah sekali terlibat salah paham.

Saat ada permasalahan dengan anggota keluarga yang lain, bersikaplah terbuka mengenai apa yang membuatmu tersinggung atau terluka. Dengan demikian, hal itu bisa jadi masukan untuknya agar tak mengulangi di kemudian hari.

2. Membicarakannya dengan kepala dingin

Langkah penting selanjutnya perlu diambil untuk menyelesaikan permasalahan keluarga, adalah membicarakannya dengan kepala dingin. Hindari bersikap emosional ketika sedang mendiskusikan masalah kalian.

Cobalah menjadi pendengar yang baik satu sama lain. Selain solusi akan lebih mudah ditemukan saat bisa berpikir jernih, dengan mendengarkan kamu pun jadi bisa memahami sudut pandangnya.

3. Mau memaafkan

Harus diakui, memaafkan itu memang sulit. Apalagi jika anggota keluargamu sudah melakukan kesalahan yang bikin kamu begitu sakit hati.

Hanya saja, bila ingin hubungan keluarga tetap terjalin, maka kamu harus belajar untuk memaafkan. Lepaskan amarah di dalam hati, selain bikin hatimu lega, juga permasalahan keluarga pun jadi gak berlarut-larut. Cepat selesai!

4. Jangan mengungkit

Kalau kamu sudah memutuskan memaafkan keluarga yang sudah berbuat salah, maka jangan lagi mengungkit-ungkit kesalahannya di kemudian hari. Itu gak adil, lho. Dia, kan, sebelumnya sudah meminta maaf dan mengakui kesalahan.

5. Pererat lagi hubungan keluarga

Setelah cekcok biasanya hubungan akan menjadi kikuk. Tak ada salahnya untuk mempererat lagi hubungan keluarga, misalnya dengan melakukan aktivitas menyenangkan bareng yang kini sudah jarang kalian lakukan. Lama-lama kalian juga bisa dekat kembali.

Setiap orang pasti pernah berbuat salah. Tak terkecuali keluarga sendiri. Nah, semoga uraian tadi bisa membantumu menyelesaikan permasalahan keluarga dengan baik, dan hubungan tetap terjalin erat, ya. Selamat mencoba!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak