facebook

Apakah Kamu Sudah Menjadi Kakak yang Baik? Cek 4 Tanda Ini

Riva Khodijah
Apakah Kamu Sudah Menjadi Kakak yang Baik? Cek 4 Tanda Ini
Ilustrasi kakak adik.[pexels.com/Liza Summer]

Ada yang bilang menjadi kakak enak, tapi ada pula yang mengatakan menjadi kakak gak enak. Enaknya, karena lebih senior, jadi biasanya seorang kakak mudah sekali menyuruh-nyuruh adiknya. Gak enaknya, karena lebih tua maka tanggung jawabnya jadi lebih besar, yaitu tanggung jawab untuk melindungi adik-adiknya.

Apakah kamu termasuk seorang kakak? Kalau iya, apakah kamu sudah menjadi seorang kakak yang baik? Untuk tahu jawabannya sebaiknya kenali beberapa ciri dari kakak yang baik. Mari disimak.

1. Mampu memberikan teladan yang baik

Tak bisa dimungkiri, sekalipun seorang kakak bisa begitu menyebalkan bagi adiknya, tapi tetap saja dijadikan panutan. Itu sebabnya, salah satu ciri kalau kamu telah menjadi kakak yang baik, adalah mampu menjadi teladan bagi adik-adikmu.

Gimana caranya menjadi teladan yang baik? Sesimpel selalu berusaha melakukan hal yang benar dan tidak melakukan hal-hal melanggar aturan yang dapat diikuti adik-adikmu.

2. Membantu adik saat kesulitan

Ciri selanjutnya dari seorang kakak yang baik, adalah mau membantu adiknya ketika alami kesulitan. Misalnya, adikmu bermasalah dengan nilai matematika yang jeblok terus.

Maka, sebagai kakak yang baik harusnya bersedia untuk menemani dan mengajarinya belajar matematika agar nilainya bisa lebih baik. Tentu cara mengajarnya baik, ya. Bukan malah diomeli habis-habisan.

3. Tidak mem-bully

Sekalipun posisi kamu di keluarga lebih tua, tapi seorang kakak yang baik gak akan mem-bully adik-adiknya. Misalnya, dengan memaksa membelikanmu es krim, padahal adikmu cuma punya uang pas-pasan. Perilaku demikian gak baik, lho.

4. Respek terhadap keputusan yang dipilih adik sendiri

Ada kalanya perasaan lebih tua membuatmu merasa lebih tahu seperti apa cara kerja dunia ini. Itu sebabnya, ada sebagian kakak yang begitu memaksakan kehendak pada adiknya. Merasa kalau keputusannya jauh lebih tepat.

Namun, seorang kakak yang baik gak akan berlaku seperti itu. Kakak yang baik akan menghormati keputusan adiknya, dan mendukungnya. Sekalipun keputusan tersebut bertentangan dengan apa yang kamu yakini.

Itu dia sedikit contoh ciri dari kakak yang baik. Gimana, apakah ciri-ciri tadi sudah ada padamu?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak