facebook

Ini 3 Hal yang Tidak Bisa Kita Kendalikan dari Orang Lain

Vivia Lintang
Ini 3 Hal yang Tidak Bisa Kita Kendalikan dari Orang Lain
Ilustrasi perasaan.(Pexels.com/Vie Studio)

Kamu pasti pernah tersinggung atas ucapan temanmu yang entah secara sengaja atau tidak saat mengomentari penampilanmu, mungkin ia berkata bahwa celana yang kamu kenakan hari ini tampak aneh dan membuatmu terlihat begitu pendek.

Kamu tahu? Respons ini merupakan hal alamiah dari seseorang yang tidak dapat kita kendalikan. Kamu tentu saja tidak bisa memaksa seseorang untuk setuju atas seleramu berpakaian atau dalam memilih makanan, karena setiap orang memiliki selera yang berbeda. Perlu kamu tahu, ada beberapa hal tindakan orang lain yang tidak dapat kita kendalikan, apa saja?

1. Apa yang Mereka Katakan

Kita tidak pernah bisa mengendalikan perkataan orang lain, termasuk cara mereka menilai kita. Hal ini dapat kamu buktikan saat kamu meminta pendapat tentang hal yang baru saja kamu lakukan. Mungkin saja bagimu itu terlihat sangat keren dan kamu berekspektasi yang sama saat ada orang yang akan memberikan opini, kan?

Padahal dia bisa saja dengan mudah melontarkan jawaban yang berbanding terbalik dengan pemikiranmu, hal ini jelas tidak bisa membuatmu memaksakan saja bagaimana ia dalam berkata agar sesuai apa yang kamu inginkan.

2. Reaksi Mereka atas Satu Permasalahan

Jika kamu sedang berselisih dengan seseorang, banyak hal-hal yang membuatmu kapan saja geram dengannya. Terkadang ada kontrol diri yang melewati batas hingga memperburuk keadaan atau maksud baikmu yang justru membuatnya salah paham.

Reaksi mereka ketika menanggapi hal ini tentu beragam, terkadang ada yang memanfaatkan keadaan dengan memperkeruh suasana atau membuatmu merasa bersalah karena yang kamu maksud tidaklah sama seperti pemahamannya. Hal ini tentu di luar kendalimu, bukan?

3. Tentang Cara Mereka Berlaku

Kamu tentu tidak bisa mengendalikan seseorang agar memperlakukanmu sesuai kehendak dirimu sendiri. Cara mereka berlaku seiras seperti mereka dalam berkata. Hal yang mereka lakukan, termasuk memberimu tempat yang nyaman dan sambutan hangat juga dapat berbeda saat dia memperlakukan orang lain.

Kamu tak lantas dapat membuat mereka agar berlaku sesuai dengan kendalimu, kan? Sebagai orang luar kita sama sekali tidak bisa ikut campur atas reaksi-reaksi umum yang secara alamiah orang lontarkan pada kita, dan cara mereka berlaku untuk orang lain.

Hal di atas adalah hal umum yang memang sewajarnya kita ketahui, kamu memang tidak bisa selamanya membuat segala hal sesuai dengan apa yang kamu inginkan, hanya saja kamu dapat mengantisipasinya dengan berlaku baik kepada setiap orang. Setidaknya, mereka akan menghargaimu seperti kamu saat menghargai mereka.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak