facebook

Sering Emosional? Berikut 7 Tips untuk Mengatasinya

Husein Fadhilah
Sering Emosional? Berikut 7 Tips untuk Mengatasinya
ilustrasi perkelahian orang tua dan anak (pexels.com/Liza Summer)

Emosi sangat berperan penting dalam kehidupan kita. Mampu menguasai emosi adalah hal yang hebat dan dapat mengarah pada koneksi yang lebih dalam dan lebih menumbuhkan kesadaran akan diri sendiri. Namun, ketika emosi mengendalikan kita, hal itu dapat merusak semuanya.

Terkadang, ketika kita merasakan emosi yang berlebihan, sangat membuat kita tidak nyaman. Kita ingin melakukan apa saja untuk menghindarinya. Beberapa kali kita berharap bisa menyingkirkan emosi itu.

Nah, cara terbaik untuk menyingkirkan emosi itu bisa kamu temukan dalam artikel ini. Silahkan disimak, ya!

1. Ambil napas dalam-dalam, lakukan meditasi kecil

Ketika kamu merasakan emosi yang kuat bermunculan, diamlah sejenak. Tarik napas dalam-dalam melalui hidung, lalu keluarkan melalui mulut. Coba lakukan ini 5-10 kali sampai kamu merasakan detak jantung kamu melambat dan kamu dapat mengontrol pernapasanmu.

Bernapas dalam-dalam adalah cara paling simple untuk mengatasi emosi. Misalnya, ketika kamu bertemu orang yang kamu benci, kamu mungkin tidak punya waktu untuk menjauh. Maka dari itu, kamu bisa diam-diam berlatih bernapas dalam-dalam bahkan saat terpaksa berbicara dengannya.

2. Berolahraga

Olahraga juga dapat membuat emosimu mereda. Bangun dan berjalan-jalan atau lakukan peregangan. Setelah berhasil melakukan peregangan, niscaya urat-urat yang ada dalam tubuhmu akan berhenti tegang. Kamu bisa mendapat sensasi yang lebih tenang dari sebelumnya.

3. Bercermin di kamar mandi

Bercermin akan membantu kamu agar menghubungkan kembali tubuh dan pikiranmu. Jika kamu merasa diri kamu mulai kesal dan marah, pergilah ke kamar mandi dan lihatlah cermin selama beberapa menit. 

Setelah 2 sampai 5 menit, mungkin detak jantungmu akan melambat dan pernapasanmu menjadi sedikit lebih seimbang. Pergi ke kamar mandi juga memungkinkan kamu untuk beristirahat sejenak supaya emosimu terkendali. 

4. Menghindari pemicu emosi

Beberapa hal membuat kita emosi adalah hal-hal yang tidak kita senangi atau kita risih dengan kehadirannya. Misalnya jika ada kenalan yang menurutmu sangat menjengkelkan, hindari tempat yang paling mungkin dia kunjungi. Meskipun kamu tidak dapat menghindari pemicu emosimu sepanjang waktu, kamu dapat melakukan ini untuk membatasinya dalam kehidupan sehari-harimu.

5. Tidur yang cukup

Penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan tumpukan emosi. Pastikan kamu tidur setidaknya 8 jam setiap malam supaya kamu dapat bangun dengan istirahat yang cukup untuk menjalani hari esok.

Tidur adalah bagian yang sangat penting dari kesehatan mental, dan memperoleh tidur yang cukup akan bermanfaat bagi setiap aspek kehidupanmu. Saat kamu cukup istirahat, kamu akan lebih mampu membuat keputusan yang tenang dan rasional daripada mendasarkannya pada emosi.

6. Hindari menggunakan obat-obatan atau alkohol

Menggunakan obat-obatan atau alkohol untuk meredam apa yang kamu rasakan bukanlah solusi yang baik. Awalnya memang kamu akan menjadi lebih tenang, namun emosi kamu akan terus tertumpuk di dalam, bukan hilang. Ketika tumpukan emosi itu sudah tidak muat ditumpuk terus, bayangkan apa yang akan terjadi padamu?

7. Habiskan lebih banyak waktu dengan sesuatu yang positif

Sesuatu yang positif ini misalnya orang yang humoris atau menonton tayangan komedi. Banyak-banyaknya mengoleksi sahabat lawak atau menonton stand up comedy, kartun Spongebob, Mr. Bean, dan lainnya. Menghabiskan lebih banyak waktu di sekitar hal-hal positif akan mendorong kamu menjadi lebih baik. 

Itulah tadi beragam tips untuk mengatasi emosimu. Silahkan dicoba, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak