facebook

5 Cara Memanfaatkan Kardus Bekas, Gunakan Imajinasimu

Dream Praire
5 Cara Memanfaatkan Kardus Bekas, Gunakan Imajinasimu
ilustrasi mengangkut kardus (Pexels.com/Shveta Production)

Saat membeli barang yang dikemas dalam kardus, kamu mungkin kebingungan akan diapakan kardus-kardus tersebut. Memang bisa saja membuangnya langsung. Tetapi kadang-kadang kardus yang berbahan bagus sayang untuk dibuang bukan? 

Nah, jika kamu berniat memanfaatkannya, ada beberapa cara yang bisa kamu coba.

1. Menyimpan barang

ilustrasi kotak kardus (Pexes.com)/ Ketut Subiyanto
ilustrasi kotak kardus (Pexes.com/Ketut Subiyanto)

Kamu bisa memanfaatkan kardus berukuran besar dengan bahan yang cukup tebal untuk menyimpan sementara barang-barang yang tidak sering kamu gunakan. Pilih bahan kardus yang tebal agar tidak mudah robek yang bisa membuat berantakan bahkan rusak barang-barang yang kamu simpan di dalamnya. 

Jika barang-barang yang kamu letakkan di dalam kardus itu tidak akan dipakai dalam waktu dekat, kamu bisa menyegelnya dengan selotip dan menyimpannya dalam gudang.

Karena bahannya adalah kardus yang termasuk kertas, jangan meletakkannya di lantai yang mudah lembab atau beri alas pada bagian bawah untuk mencegah rembesan merusak bagian bawah kardus.

2. Jadikan mainan anak

ilustrasi mainan dari kardus (Pexels.com)/ Ron Lach
ilustrasi mainan dari kardus (Pexels.com)/ Ron Lach

Jika kamu mempunyai anak atau adik yang masih kecil, kamu bisa membuat mainan dari kardus. Gunakan imajinasimu untuk membentuk mainan yang sekiranya disukai oleh anak-anak. 

Sebaiknya hindari bentuk menyudut yang cenderung tajam yang bisa berisiko melukai. Jika menggunakan lem, pilihlah lem yang tidak beracun agar aman.

3. Buat figura

ilustrasi DIY kardus (Pexels.com)/ Karolina Grabowska
ilustrasi DIY kardus (Pexels.com/Karolina Grabowska)

Membuat figura dari kardus tidaklah sulit. Kamu tinggal membentuknya menjadi bingkai dan melapisinya dengan kertas. Tambahkan hiasan sesuai seleramu. Bisa saja berupa bunga-bunga artificial atau lainnya.

Letakkan foto kesayanganmu di dalamnya dan kardus yang tadinya seperti tak berguna itu sekarang telah menjadi pembingkai yang cantik.

4. Jadikan kartu

ilustrasi DIY kartu (Pexels.com)/ Cottonbro
ilustrasi DIY kartu (Pexels.com/Cottonbro)

Potong rapi kartu sesuai seleramu dan rapikan tepinya. Banyak pilihan kreasi yang bisa kamu buat dari selembar kardus. Kamu bisa melapisinya dengan kertas dan menempel potongan gambar. Bisa juga menambahkan glitter untuk kesan glamour. 

Jika suka, kamu bisa mengecatnya langsung  atau meggunakan cat semprot. Lalu berkreasilah dengan tulisan sesuai tema.

5. Kotak pernak-pernik

ilustrasi DIIY mini storage (Pexels.com)/ Cottonbro
ilustrasi DIIY mini storage (Pexels.com/Cottonbro)

Kamu juga bisa membuat kotak kecil untuk menyimpan pernak-pernik milikmu agar tak berceceran. Kamu perlu membuat pola dan memotong kardus mengikuti pola tadi. Rekatkan dengan lem kuat agar kardus tidak mudah terlepas. Jangan lupa menghias kotak mungil tersebut sesuai selera kamu.

Nah, apa kamu tertarik mencobanya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak