facebook

3 Cara Memberikan Respek terhadap Diri Sendiri, Sudah Kamu Lakukan?

Riva Khodijah
3 Cara Memberikan Respek terhadap Diri Sendiri, Sudah Kamu Lakukan?
Ilustrasi wanita tersenyum (Freepik.com/lookstudio)

Respek atau saling menghormati sebenarnya gak hanya berlaku antara kamu dengan orang lain, lho. Dengan diri sendiri pun harusnya jangan lupa memberikan respek. Sayangnya, ini kerap diabaikan.

Akibatnya apa? Kalau kamu gak memberi respek ke diri sendiri, maka orang lain pun berpeluang besar gak menghormati.

Terus, gimana caranya memberikan respek terhadap diri sendiri? Berikut akan diulas lebih jauh. Simak terus, ya.

1. Berani menjadi apa adanya

Hal pertama yang bisa menunjukkan kalau kamu sudah memberi respek ke diri sendiri, yaitu berani menjadi apa adanya. Itu artinya, kamu mampu menerima dirimu sepenuhnya, termasuk kelebihan dan kekurangan. Sehingga, gak merasa perlu harus berpura-pura.

Hidup akan dijalani dengan damai apabila kamu sudah bisa melakukan ini, lho. Kamu gak pusing dengan penilaian orang lain, karena sudah ada penerimaan diri yang baik.

2. Kamu tak peduli jika berbeda

Cara selanjutnya untuk memberi respek ke diri sendiri, yakni dengan berani untuk berbeda. Kamu gak berusaha mengikuti tren orang banyak, karena sadar tiap pribadi itu unik. Dan wujud menghormati keunikan tersebut bisa dilakukan dengan menuruti apa yang menjadi kata hati, sekalipun bertentangan dengan selera orang kebanyakan.

Sebagai contoh, ketika saat ini orang begitu mengagung-agungkan materi, kamu malah memilih jalan hidup sederhana. Terserah orang mau bilang apa, yang penting kamu merasa damai dengan pilihan tersebut.

3. Berani menolak

Apakah selama ini kamu selalu mengiyakan permintaan orang lain meskipun dalam hati sebenarnya kesal? Kalau iya, artinya kamu belum menghormati diri sendiri, lho. Makanya, orang pun jadi gak respek sama kamu.

Coba deh mulai sekarang berlaku tegas terhadap permintaan orang lain yang gak mau kamu lakukan. Misalnya, minta dibantu mengerjakan tugas kantor, padahal tugas kamu sendiri sudah menggunung.

Sadar kalau mengiyakan hanya akan merugikan diri sendiri, maka kamu berani menolaknya. Nah, jika itu sudah mampu kamu lakukan, artinya sudah menerapkan self-respect, lho.

Cobalah mulai sekarang lebih menghormati diri sendiri dengan menghindari hal-hal yang dapat merugikanmu. Nantinya orang pun akan hormat padamu, lho, dan gak memperlakukanmu seenaknya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak