facebook

5 Tipe Pemilik Kos yang Bikin Nyaman dan Betah Para Penghuninya

Rania Erin Oktiara
5 Tipe Pemilik Kos yang Bikin Nyaman dan Betah Para Penghuninya
Ilustrasi orang bekerja (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Terkadang orang memilih kos berdasarkan rekomendasi orang lain seperti tempatnya yang strategis, pemilik kos yang baik, tidak ada jam malam, dan lain sebagainya. Menjadi pemilik kos tentu tidak semata-mata menawarkan kamar bagi calon penghuninya, namun juga harus bisa bertanggung jawab atas keluhan yang terjadi di dalamnya.

Pemilik kos yang baik akan disukai oleh penghuni kos tersebut. Tak jarang, ada yang menganggap mereka seperti orang tua sendiri di perantauan. Berikut tipe pemilik kos yang akan membuat betah dan nyaman bagi para penghuni kos tersebut.

1. Mau menerima kritik dan masukkan

Menjadi pemilik kos berarti harus siap menerima kritik dan masukkan dari para penghuninya yang berguna untuk kebaikkan bersama dan memberikan pelayanan terbaik ke depannya.

Pemilik kos seperti ini juga akan disegani oleh para penyewanya karena mau menghargai dan memahami kondisi yang terjadi di kos. Jangan asal menyewakan dan setelah itu lepas tanggung jawab, ya!

2. Peduli atas kerusakan kos

Kos yang sudah lama dibangun tentunya akan mengalami kerusakan seperti ranjang yang sudah rapuh, lemari yang rusak, atap bocor, dinding retak parah, dan lain sebagainya.

Anak kos sudah membayar sewa tempat tinggal setiap bulan atau tahunnya, sehingga pemilik kos juga perlu memperbaiki kerusakan tersebut agar kos tetap nyaman, mengundang penyewa baru, dan pastinya lebih terawat.

3. Memberi perhatian kecil ke anak kos

Ada pemilik kos yang memilih tinggal satu atap bersama anak kos lainnya. Dengan memberi perhatian kecil seperti membagikan makanan atau camilan, memberi semangat, mengajak bercanda, atau hal lainnya juga bisa membuat para penghuninya terus betah tinggal di kos tersebut.

4. Menjaga kos agar tetap aman

Menjaga kos tetap aman ini perlu dilakukan oleh pemilik kos agar semua penghuninya tidak merasa terancam dan was-was setiap hari. Misalnya dengan memasang gembok di pagar, menyewa satpam, memasang cctv, dan lain sebagainya.

5. Rutin cek kos setiap harinya

Pemilik kos juga harus rutin mengecek kosnya setiap hari seperti mengecek kerusakkan di kos, menegur keteledoran anak kos, memastikan perabotnya dalam keadaan utuh, dan lain sebagainya.

Nah, itu dia 5 tipe pemilik kos yang akan membuat betah dan nyaman bagi para penghuni kosnya. Pemilik kosmu seperti itu atau tidak?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak