facebook

5 Tanda Pasangan yang Baik dan Tepat, Adakah di Dirimu?

Rizky Melinda Sari
5 Tanda Pasangan yang Baik dan Tepat, Adakah di Dirimu?
ilustrasi pasangan kekasih (Freepik.com/tirachardz)

Setiap pasangan pasti berharap mendapatkan seseorang yang bisa menghargai dan mencintai dirinya dengan tulus. Dalam sebuah hubungan asmara, ada kalanya pertengkaran dan perselisihan tidak bisa terelakkan.

Hal yang paling penting dalam sebuah hubungan adalah bagaimana cara menjaga kepercayaan dan keharmonisan meskipun terkadang diselingi berbagai pertengkaran.

Agar pasangan kita memperlakukan kita dengan baik, kita juga harus bersikap baik pada dia. Berikut ini adalah beberapa ciri atau tanda yang menunjukkan bahwa kamu adalah sosok pasangan yang tepat dan baik. 

1. Dia bisa menjadi dirinya sendiri

Tanda pertama bahwa kamu adalah pasangan yang baik adalah kamu bisa membuatnya nyaman menjadi diri sendiri di hadapanmu. Dia tidak merasa risih atau sungkan untuk menunjukkan siapa dirinya yang sesungguhnya.

Hal ini menunjukkan bahwa kamu bisa membuatnya percaya dan nyaman sepenuhnya denganmu. Apalagi jika dia terbuka menceritakan berbagai permasalahan dan pemikirannya kepadamu.

2. Kamu bersikap adil saat menyikapi masalah

Dalam sebuah hubungan asmara, pasti ada masanya kedua pihak sama-sama lelah dan mudah terpancing emosi. Ketika ada perselisihan yang terjadi, kamu harus bisa bersikap adil dan tidak langsung menyalahkannya begitu saja tanpa melihat permasalahannya secara keseluruhan.

Kamu harus bisa bersikap adil dengan mendengarkan alasannya terlebih dahulu. Sikap langsung menghakimi hanya akan membuat perselisihan terasa semakin memanas dan ada kemungkinan terjadinya kesalahpahaman.

3. Tidak ragu meminta maaf terlebih dulu

Ketika kamu baik disengaja atau tidak disengaja telah berbuat salah padanya, kamu harus berani dan tidak ragu untuk meminta maaf. Jangan karena sudah lama bersama, kamu menganggap bahwa pasanganmu bisa memaklumi semua kesalahan yang telah kamu lakukan.

Sikap saling meminta maaf dan memaafkan dapat merekatkan hubungan yang mungkin sudah mulai renggang. Kita tidak pernah tahu ucapan atau perbuatan kita berdampak seperti apa terhadap pasangan kita.

4. Sadar terhadap kekurangan diri

Setiap manusia pasti memiliki kekurangan, termasuk kamu dan pasangan kamu. Jika pasanganmu menegur dan memberi masukan untuk kebaikanmu sendiri, kamu harus bisa menghargainya dan berusaha untuk berubah menjadi pribadi yang lebih baik.

Jika kamu bisa menunjukkan peningkatan dalam dirimu menuju arah yang lebih baik tanpa menghilangkan jati dirimu atau berusaha meniru orang lain, kamu sudah membuktikan bahwa kamu adalah pasangan yang baik.

5. Kamu siap menjadi pasangan yang baik

Selain menuntut pasanganmu agar menjadi pasangan yang baik, kamu juga harus menunjukkan bahwa kamu juga bisa menjadi pasangan yang baik. Dalam sebuah hubungan asmara, interaksi timbal balik merupakan suatu keharusan.

Kamu dan pasanganmu harus bisa menunjukkan sikap yang saling melengkapi dan saling pengertian agar hubungan asmara yang terjalin bisa tetap harmonis dan terjaga.

Itulah lima ciri atau tanda yang menunjukkan bahwa kamu adalah sosok pasangan yang tepat dan baik. Apakah salah satunya ada di dirimu?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak