facebook

3 Hal yang Bisa Membuat Karyawan Bahagia, Bukan Hanya Gaji!

Riva Khodijah
3 Hal yang Bisa Membuat Karyawan Bahagia, Bukan Hanya Gaji!
Ilustrasi wanita tersenyum (Pexels.com/Gustavo Fring)

Kalau berbicara apa yang bisa membuat karyawan bahagia, mungkin kamu langsung terpikir dengan gaji. Ya, memang tak bisa dimungkiri gaji yang besar bisa membuat karyawan senang.

Siapa yang gak bahagia bila mendapat gaji besar sehingga dapat mencukupi berbagai kebutuhan dan membeli berbagai macam keinginan tanpa utang segala? Pastinya kamu juga senang, kan?

Nah, yang akan dibahas kali ini hal-hal di luar gaji yang juga dapat membuat karyawan bahagia. Hal apa saja yang dimaksud? Mari simak ulasan di bawah ini.

1. Asuransi kesehatan yang meng-cover keluarga juga

Di antara penyebab seseorang bisa bangkrut, adalah biaya rumah sakit yang tinggi. Itu sebabnya, karyawan akan sangat senang apabila perusahaan gak hanya mengandalkan BPJS sebagai asuransi kesehatan untuk karyawan, tapi menggandeng perusahaan asuransi lainnya yang juga meng-cover keluarga.

Tentu keuangan seorang karyawan akan terganggu apabila ada anggota keluarganya yang sakit, dan harus mengeluarkan biaya sendiri, bukan? Makanya, dengan adanya asuransi kesehatan dari perusahaan yang bisa meng-cover keluarga dapat memberikan rasa aman.

2. Jarak tempat kerja yang dekat

Hal selanjutnya yang dapat membuat karyawan bahagia, yaitu lokasi tempat kerja yang dekat. Sudah bukan rahasia lagi salah satu sumber stres para pekerja adalah kondisi lalu lintas macet. Sampai-sampai banyak karyawan yang harus ‘tua di jalan’ karena tiap hari harus berjuang pulang pergi dengan waktu yang tidak sebentar.

Maka dari itu, ada kalanya karyawan lebih memilih kerja di kantor yang dekat meski gajinya lebih kecil, dibanding gajinya besar tapi kantornya jauh. Lebih sehat mental bekerja di tempat yang dekat!

3. Didengarkan opininya

Kalau ada anak buahmu yang enggan sekali beropini, coba dievaluasi kembali. Selama ini seperti apa cara merespons orang yang berpendapat? Apakah kerap diremehkan, diabaikan, atau dihormati?

Boleh jadi keengganan karyawan memberikan opini disebabkan iklim diskusi yang buruk. Artinya, kalau ada yang berpendapat sering ditanggapi dengan cemooh. Itu gak baik, lho.

Karyawan akan merasa senang sekali apabila didengarkan ketika ia sedang mengutarakan pendapat. Terlepas nantinya opini tersebut akan dipakai atau tidak.

Itu dia beberapa hal yang bisa membuat karyawan bahagia. Kamu ingin menambahkan?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak