facebook

4 Tips Mengelola Stres saat Sekolah atau Kuliah, Latih Berpikir Positif!

Latifah ..
4 Tips Mengelola Stres saat Sekolah atau Kuliah, Latih Berpikir Positif!
Ilustrasi mahasiswa (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Siapa bilang yang stres cuma orang dewasa saja. Pelajar atau mahasiswa pun bisa stres juga, lho. Ya, meskipun sumber stresnya bisa berbeda. Misalnya, kalau orang dewasa umumnya sumber stresnya adalah permasalahan kerja. Sementara bagi pelajar atau mahasiswa biasanya tidak jauh-jauh dari tugas sekolah atau kuliah. Nah, supaya kamu tidak stres terus-menerus, berikut akan dibahas empat tips mengelola stres saat sekolah atau kuliah. 

1. Berpikir positif

Kamu akan merasa terbebani dengan tugas-tugas yang menanti apabila senantiasa berpikir negatif. Tugas yang sejatinya mudah sekalipun bisa berkali-kali lipat jadi susah apabila pikiranmu melihatnya sebagai sebuah beban.

Oleh karena itu, langkah paling penting dalam pengelolaan stres, yaitu meluruskan mindset. Coba deh mulai sekarang latih diri berpikir positif. Hal apa saja yang bisa kamu dapatkan apabila berhasil menyelesaikan tugas ini.

Misalnya, kamu akan mendapatkan kepuasan diri. Kamu jadi lebih mengerti materi, atau bisa membangtidakan orangtuamu dengan nilai yang bagus.

2. Buat to do list

Ada kalanya stres akibat tugas yang banyak sekali disebabkan kamu hanya tahu kalau tugas itu banyak. Padahal, sebenarnya tidak semua tugas itu harus diselesaikan dalam satu waktu.

Nah, biar tidak stres, pilah dulu tugas-tugas mana yang mesti diselesaikan terlebih dahulu. Setelah itu, kerjakan satu per satu. Tanpa terasa nanti semua tugas juga akan selesai.

3. Kelola waktu dengan baik

Boleh-boleh saja menonton drama Korea atau melakukan movie marathon. Tapi, tugasnya pastikan dulu sudah selesai. Biasakan untuk menunda kesenangan sementara demi tujuan jangka panjang. Oleh sebab itu, kelola waktumu dengan baik.

Kalau masih ada tugas yang harus diselesaikan, lakukan itu dulu. Nanti setelah selesai baru deh terserah mau melakukan apa pun. Bersantai pun jadi lebih menyenangkan, bukan, karena tidak ada beban.

4. Hindari overthinking

Sering kali yang bikin kamu stres terhadap sebuah tugas karena keburu overthinking. Merasa tugasnya bakal sulit. Akhirnya, jadi menunda-nunda.

Padahal, setelah dijalani baru ketahuan ternyata tidak seribet yang kamu kira. Maka dari itu, kalau ada tugas tidak perlu overthinking. Sudah, kerjakan saja!

Itu dia empat tips mengelola stres bagi pelajar dan mahasiswa. Semoga bisa membantu, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak