facebook

4 Sumber Stres Karyawan, Salah Satunya Atasan yang Terlalu Menuntut!

Latifah ..
4 Sumber Stres Karyawan, Salah Satunya Atasan yang Terlalu Menuntut!
Ilustrasi diskusi (Pexels.com/ANTONI SHKRABA)

Ranah kehidupan apa pun pasti bisa membuat stres. Tak terkecuali dunia kerja. Gak ada pekerjaan pusing, punya pekerjaan juga bukan berarti gak mumet. Selalu ada sumber-sumber stres bagi seorang karyawan.

Lalu, hal apa saja yang bisa membuat pikiran karyawan jadi tertekan? Berikut akan diulas lebih jauh. Simak terus, ya.

1. Atasan yang terlalu menuntut

Layaknya karyawan yang memiliki kepribadian bermacam-macam, maka atasan pun begitu. Ada yang easy going, ada pula yang perfeksionis, sehingga menuntut kesempurnaan dari karyawannya.

Hal inilah yang kerap bikin karyawan jadi stres. Tugas yang menumpuk, laporan yang selalu harus diperbaiki karena gak sesuai dengan ekspektasi atasan, dan berbagai hal terkait permintaan atasan yang kerap membuatmu pusing untuk memenuhinya.

2. Permasalahan dengan rekan kerja

Gak semua lingkungan kantor berisikan orang-orang yang baik. Banyak pula lingkungan kerja menjadi gak nyaman karena isinya orang-orang toksik.

Hal ini juga menjadi salah satu penyebab stres karyawan. Terkadang gaji sudah bagus, atasan sudah enak dan baik hati, tapi ternyata nasib apes dapat rekan kerja luar biasa menyebalkan.

Sangat kompetitif, tukang gosip, senang menikam orang dari belakang, adalah beberapa sifat rekan kerja yang kerap bikin karyawan jadi gak betah di kantor. Dan tak jarang hal ini mendorong seseorang resign.

3. Beban kerja terlalu banyak

Sejatinya tiap orang sudah punya beban kerjanya masing-masing sesuai dengan job description. Namun, ada kalanya karena keterbatasan sumber daya manusia, kamu mesti mengerjakan tugas yang lain juga. Ini pula yang bikin beban kerja jadi terlalu banyak, dan membuat pikiran mumet.

Jika ini sudah berlangsung lama, sebaiknya sampaikan ke atasan. Minta untuk rekrut karyawan baru supaya beban kerja bisa terdistribusi dengan baik. Kalaupun memang mereka gak mau merekrut, setidaknya minta kompensasi tambahan karena tugas-tugasmu jadi bertambah.

4. Lalu lintas macet

Jarang disadari, kalau hal ini juga berperan sangat besar terhadap kondisi mental karyawan. Pagi hari yang semestinya bisa dijalani dengan ceria dan positif bisa rusak akibat kondisi lalu lintas yang macetnya bukan main.

Agar hal ini gak merusak produktivitasmu, cobalah siasati gimana caranya bisa ke kantor tanpa macet. Misalnya, datang lebih pagi.

Itu dia beberapa hal yang bisa menjadi sumber stres karyawan. Ada yang ingin kamu tambahkan?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak