facebook

4 Kesalahan Resign yang Bikin Kondisi Finansialmu Berantakan, Hindari!

Latifah ..
4 Kesalahan Resign yang Bikin Kondisi Finansialmu Berantakan, Hindari!
Ilustrasi pencari kerja (freepik.com/freepik)

Terdapat banyak alasan kenapa seseorang memutuskan untuk resign atau keluar dari pekerjaan. Bisa disebabkan lokasi kerja yang terlalu jauh, gajinya tidak sesuai, atau bisa pula disebabkan lingkungan kerja yang tidak kondusif. Apa pun alasan kamu resign, sebaiknya lakukan dengan pertimbangan matang dan sudah dipersiapkan dengan baik sebelumnya, ya. Jangan sampai kamu melakukan kesalahan-kesalahan berikut ini yang dapat membuat kondisi finansial berantakan. Apa saja kesalahan resign yang dimaksud? Untuk tahu kelanjutannya, mari simak pembahasan di bawah ini.

1. Belum ada pekerjaan pengganti

Hal pertama yang sering menyebabkan kondisi keuangan jadi berantakan setelah keluar dari pekerjaan, yaitu belum ada pekerjaan pengganti. Kondisi ini sangat berbahaya apabila pekerjaan saat ini menjadi satu-satunya sumber penghasilan. Itu artinya, kamu sangat bergantung pada gaji yang didapatkan.

Sebaiknya cari dulu pekerjaan pengganti, sehingga ketika kamu keluar sudah memiliki pekerjaan baru. Ini penting banget dilakukan terutama bila kamu berperan sebagai tulang punggung keluarga, dan gak punya dana cadangan sama sekali. Pastinya gak mau, dong, keputusanmu keluar bikin anggota keluargamu jadi menderita?

2. Tidak memperhatikan usia

Kesalahan resign selanjutnya yang bisa membuat kondisi finansialmu berantakan, adalah tidak memperhatikan usia. Seperti diketahui, tiap profesi biasanya menyaratkan batas maksimal usia tertentu.

Jangan sampai karena kamu terlalu terburu-buru resign, sudah over pede nantinya bakal mendapat pekerjaan baru. Lupa kalau usiamu sudah tidak lagi muda, dan susah masuk kualifikasi.

3. Tidak mempersiapkan dana darurat

Salah satu fungsi dana darurat, adalah bisa jadi ban serep sewaktu-waktu ada permasalahan dalam sumber keuangan. Hal ini yang kerap dilewatkan ketika seseorang memilih keluar dari pekerjaan.

Sudah ingin cepat-cepat hengkang dari pekerjaan sekarang, sampai-sampai lupa kalau gak punya dana cadangan. Iya, kalau bisa langsung mendapat kerja pengganti. Kalau enggak? Ingat, lho, mau kamu sudah punya pekerjaan atau belum, makan jalan terus. Artinya, kebutuhan itu akan selalu ada.

4. Terburu nafsu ingin jadi pengusaha

Ada pula yang resign karena ingin menjadi pengusaha. Gak sadar kalau menjadi pebisnis itu gak mudah. Harus merintis dari nol, dan kadang kala jam kerjanya jauh lebih lama dibanding saat masih jadi karyawan. Karena gak dipikirkan dengan matang, akhirnya pekerjaan hilang, bisnis gak jalan. Keuangan jadi berantakan.

Itulah empat kesalahan resign yang bikin kondisi finansialmu berantakan. Nah, semoga dengan uraian tadi bisa memberimu bekal untuk mempersiapkan diri dengan baik sewaktu-waktu ingin resign. Jangan gegabah!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak